kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Holding PT Pupuk Indonesia dapat pinjaman Rp 11 Triliun dari BRI


Kamis, 22 November 2018 / 15:24 WIB
Holding PT Pupuk Indonesia dapat pinjaman Rp 11 Triliun dari BRI
Pendatangan Perjanjian Kredit BRI dan Pupuk Indonesia


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Dua perusahaan plat merah, Pupuk Indonesia Grup dan BRI telah lakukan pendatanganan perjanjian kredit sebesar ekuivalen Rp 11 triliun untuk pembiayaan modal kerja dan US$ 168 Juta untuk transaksi Foreign Exchange (Forex) yang akan digunakan untuk ekspansi bisnis pupuk.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Keuangan Pupuk Indonesia, Indarto Pamoengkas bersama dengan Direktur seluruh Anak Perusahaan Pupuk Indonesia dan Direktur Corporate Banking BRI, Kuswiyoto.

“Dengan sinergi BUMN yang dilakukan antara Pupuk Indonesia Grup dan BRI, kini kami dapat melebarkan sayap untuk melakukan ekspansi usaha ke arah Pengembangan strategis terutama pengembangan produk NPK," jelas Indarto dalam keterangan resmi, Kamis (22/11).

Tujuan pembiayaan kepada Pupuk Indonesia Grup adalah untuk mendukung ekspansi bisnis perusahaan baik dalam meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, baik peningkatan bisnis di sektor pupuk, bahan-bahan kimia (non pupuk) untuk pertanian, saprotan & saprodi, energi listrik, logistik/transportasi, jasa EPC dan jasa perdagangan umum.

Peningkatan transaksi ekspor impor yang sensitif terhadap fluktuasi nilai tukar mata uang asing, khususnya US Dollar juga sangat perlu diantisipasi oleh perusahaan. Untuk itu diperlukan penyediaan fasilitas modal kerja dan fasilitas Foreign Exchange untuk mendukung bisnis sekaligus melindungi transaksi operasional perusahaan.

Secara keseluruhan terdapat 11 perusahaan yang bersama-sama dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman ini, yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding Company, dan para anggota holding diantaranya PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Rekayasa Industri, PT Pupuk Indonesia Energi, PT Pupuk Indonesia Logistik, PT Pupuk Indonesia Pangan dan PT Mega Eltra.

Fasilitas ini bersifat Joint Borrower (pinjaman bersama) dengan tujuan agar masing-masing anggota holding dapat lebih fleksibel dan dinamis menggunakan plafond fasilitas modal kerja yang disediakan oleh BRI.

Dengan demikian seluruh perusahaan yang tergabung dalam Holding PT Pupuk Indonesia (Persero) dapat memanfaatkan secara optimal dan menghindari adanya idle facility. Saat ini total pembiayaan BRI baik untuk Opex dan Capex kepada seluruh perusahaan yang tergabung dalam Holding PT Pupuk Indonesia (Persero) telah mencapai Rp 14,7 triliun.

Kedepan BRI siap mendukung ekspansi bisnis PT Pupuk Indonesia (Persero) antara lain untuk rencana pembangunan pabrik pupuk NPK dan proyek investasi lainnya. Selain itu BRI saat ini telah menjalin kerja sama layanan perbankan berupa Bank Garansi (BG) Online, Trade Finance Online dan Supply Chain Financing bagi Pupuk Indonesia Grup dan para mitra kerja. 
  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×