kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,98   -4,21   -0.41%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

HET Dihapus, Harga Minyak Goreng Kemasan Melambung, Minyak Goreng Curah Langka


Jumat, 18 Maret 2022 / 13:25 WIB
HET Dihapus, Harga Minyak Goreng Kemasan Melambung, Minyak Goreng Curah Langka
ILUSTRASI. Harga baru minyak goreng kemasan mengikuti pasar pada salah satu gerai ritel di Jakarta, Kamis (17/3/2022). HET Dihapus, Harga Minyak Goreng Kemasan Melambung, Minyak Goreng Curah Langka.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah menerapkan kebijakan baru mengenai minyak goreng. Dalam kebijakan ini pemerintah mencabut penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak kemasan yang semula Rp 14.000 per liter dan harga akan diserahkan ke mekanisme pasar.

Selain kebijakan itu, pemerintah juga memberikan subsidi untuk minyak goreng. Dan menetapkan HET minyak curah menjadi Rp 14.000 per liter yang sebelumnya Rp 11.500 per liter.

Menyusul dengan kebijakan tersebut harga minyak goreng curah saat ini mengalami kenaikan dari semula RP 16.000 per liter menjadi Rp 20.000 per liter. Selain itu stok minyak goreng curah alami kelangkaan di pasar.

Baca Juga: HET Dicabut, Ini Daftar Harga Minyak Goreng Terkini

“Nah harga curah udah naik sekarang. Per jerigen naiknya Rp 50.000 hari ini. Per liternya jual Rp 20.000 besok, kemarin masih jual Rp 16.000. susah lagi sekarang barangnya. Dari distributor hanya dijatah dua jerigen aja, itu pun karna langganan,” kata Anly pedagang di pasar tradisional pada kontan Jumat  (18/3).

Lebih lanjut dia menyampaikan permintaan pembeli saat ini banyak yang beralih ke minyak goreng curah karena perbandingan harga yang jauh berbeda. Namun dia menyayangkan keberadaan minyak goreng curah yang sulit dicari.

Sementara itu stok minyak goreng kemasan di ritel modern saat ini sudah kembali normal, tidak terlihat kekosongan di rak minyak goreng dan pembelianya tidak lagi dibatasi.

Baca Juga: Stok Minyak Goreng di Sejumlah Minimarket Masih Langka Pasca Kebijakan HET Dicabut,

Padahal sebelum kebijakan ini diterapkan keberadaan minyak goreng kemasan di ritel modern nyaris selalu kosong.

Selain itu, sejak diterapkannya kebijakan baru tentang HET minyak goreng kemasan, di ritel modern harga minyak goreng alami kenaikan drastis dari harga sebelumnya. Saat ini Harga minyak goreng kemasan mencapai Rp 25.000 per liter yang sebelumnya Rp 14.000 per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×