kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hematlah Konsumsi BBM Anda


Selasa, 06 Mei 2008 / 19:55 WIB


Sumber: Andri Setyawan | Editor: Test Test

JAKARTA. Pemerintah berniat menekan penggunaan bahan bakar minyak (BBM), sebagai jalan untuk mengurangi dampak kenaikan harga minyak dunia. Caranya bisa bermacam-ma­cam. Cuma yang populer dilaku­kan saat ini adalah memperce­pat konversi BBM ke gas.

Sejauh ini, Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro optimis­tis bahwa pemerintah bisa mela­kukan itu semua. "Kami juga akan memberi penghargaan bagi pengusaha yang bersedia menggunakan bahan bakar na­bati," katanya, kemarin (5/11).

Masalahnya, harapan itu jus­tru bertolak belakang dengan realisasinya. Simak saja prediksi Pertamina bahwa penggunaan BBM justru akan meningkat se­iring dengan penjualan industri otomotif yang naik sebesar 30%. Sumbangan kenaikan terbesar berasal dari bensin. Pertamina memperkirakan penggunaan bensin naik 0,8 juta kiloliter dari target 16,6 juta kiloliter menjadi sebesar 17,4 juta kiloliter pada tahun ini. Angka itu memang baru perkiraan, dan realisasinya perlu kita tunggu sampai akhir tahun nanti.

Anggota Komisi VII DPR, Dito Ganinduto setuju bahwa kon­sumsi BBM bersubsidi untuk rumah tangga dan transportasi. Misalnya dengan mengurangi konsumsi minyak tanah dengan cara mempercepat program konversi minyak tanah ke elpiji. Sedangkan, di sektor transpor­tasi, adalah dengan cara mem­batasi kendaraan yang mengisi BBM bersubsidi di stasiun peng­isian bahan bakar umum (SPBU).

Misalnya, dengan melarang mobil mewah dan kendaraan pribadi membeli bensin di SPBU. "Sebaiknya hanya kenda­raan roda dua dan angkutan umum yang boleh mengisi BBM bersubsidi, sedangkan kendara­an pribadi apalagi mewah, diha­ruskan mengisi BBM nonsubsi­di," katanya.


Produksi harus sesuai
Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR-RI Hafiz Zawawi bilang biar subsidi di APBN yang mem­bengkak itu tetap bisa terbayar, asumsi di APBN Perubahan ha­rus terpenuhi. Yaitu target pro­duksi minyak sebesar 950.000 barel per hari, dan target kon­sumsi juga tidak boleh meleset. "Tapi semua perhitungan masih perkiraan karena tahun 2007 kan belum habis," tandasnya.

Dalam hitungan Hafiz, setiap kenaikan harga minyak sebesar US$ 1 dolar per barel, negara mendapat untung dari ekspor minyak sebesar Rp 40 miliar-50 miliar. Dengan demikian, bera­papun pembengkakan subsidi, selama dua sabuk pengaman tersebut tidak jebol, Hafiz yakin APBN 2007 masih bisa menutup pembengkakan subsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×