kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil survei SMRC: Pendukung Jokowi dukung Ganjar Pranowo jadi presiden 2024


Senin, 14 Juni 2021 / 08:16 WIB
Hasil survei SMRC: Pendukung Jokowi dukung Ganjar Pranowo jadi presiden 2024


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menunjukkan, para pendukung setia Presiden Joko Widodo cenderung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Survei yang dilakukan pada 28 Februari-8 Maret 2021 ini melibatkan 1064 responden yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian adalah ± 3.07%.

Hasil survei dalam kategori top of mind, nama yang paling banyak didukung sebagai capres adalah Jokowi (15,2%). Akan tetapi, mengingat Jokowi tidak akan maju kembali, penelitian ini juga mempelajari siapa saja tokoh yang potensial dan akan dipilih oleh para pendukung Jokowi.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, elektabilitas sangat bergantung pada awareness (kedikenalan) masing-masing calon. Sehingga potensi elektablitas calon harus dianalisis secara lebih seksama.

Baca Juga: Hasil survei SMRC: Ganjar Pranowo paling potensial untuk Pilpres 2024

Sejauh ini setidaknya ada 7 tokoh yang memiliki awareness di atas 50% yakni, Prabowo, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, dan Puan Maharani. 

Tapi tingkat awareness ke tujuh tokoh tersebut tidak sama. Prabowo sudah jauh lebih dikenal oleh warga (96%), di atas kedikenalan tokoh-tokoh lainnya.

“Jika awareness ketujuh tokoh tersebut sama, dalam analisis ditemukan bahwa pemilih Jokowi di top of mind paling banyak pindah ke Ganjar Pranowo (18,4%), diikuti Anies Baswedan (15,2%), Ridwan Kamil (13,1%). Sedangkan Prabowo hanya mendapat 9,2% dari pemilih Jokowi. Ini menunjukkan bahwa capres yang paling banyak didukung pencinta Jokowi adalah Ganjar,” jelas Abbas dalam rilis yang di rangkum Kontan.co.id, Minggu (13/6).

Di sisi lain, survei SMRC ini juga menunjukkan bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar. Sementara pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Anies Baswedan. 

Selanjutnya: Pendukung Jokowi ini kini mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×