kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Hasil Survei Pemilih Muda CSIS Capres 2024: Ganjar, Prabowo dan Anies, Siapa Unggul?


Senin, 26 September 2022 / 15:48 WIB
Hasil Survei Pemilih Muda CSIS Capres 2024: Ganjar, Prabowo dan Anies, Siapa Unggul?
ILUSTRASI. Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berswafoto dengan rekannya. Hasil Survei Pemilih Muda CSIS Capres 2024: Ganjar, Prabowo dan Anies, Siapa Unggul?


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Hasil Survei Lembaga Survey Center For Strategi And international Studies (CSIS) menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di peringkat teratas mengungguli rivalnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Anies Baswedan di kalangan anak muda.

CSIS melakukan survei terhadap pemilih muda usia 17-39 tahun. Hasilnya Ganjar mendapat elektabilitas tertinggi 33,3%, disusul Anies 27,5% dan Prabowo 25,7%.

Selanjutnya, CSIS juga mencoba melakukan head to head terhadap tiga nama figur tersebut. Hasilnya, Anies Baswedan unggul ketika dihadapkan dengan Ganjar Pranowo dan juga Prabowo Subianto.

Baca Juga: Masuk dalam Daftar Bursa Capres 2024, Anies: Saya Tinggal Sebulan Lagi, Sabar Dong

"Hasil head to head menunjukan Anies memperoleh tingkat elektabilitas lebih tinggi yaitu 47,8% dibandingkan Ganjar Pramono yaitu 43,9%, dan 0,8 persen belum memilih," terang hasil rilis Survei CSIS, Senin (26/9).

Sementara hasil head to head antara Anies dengan Prabowo menunjukkan hasil serupa. Anies berhasil memperoleh elektabilitas lebih tinggi sebanyak 48,6% sementara Prabowo 42,8%.

Lalu ada head to head Ganjar melawan Prabowo, hasilnya Ganjar ternyata mengungguli Prabowo Subianto.

Ganjar unggul dengan tingkat elektabilitas sebanyak 47,2% dan Prabowo 45% dan 0,3% belum menentukan pilihan sementara 7,5% tidak tahu, tidak jawab atau menjawab rahasia.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Disusul Prabowo dan Anies, Versi Survei LSI

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 8 sampai 13 Agustus 2022 dimana populasi survei penduduk Indonesia berusia 17 sampai 39 tahun.

Kerangka sampel berasal dari populasi penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020. Penarikan sampel dilakukan secara acara atau multistage random sampling.

Jumlah sampel 1200 responden tersebar proposional di 34 Provinsi. Setelah menggunakan kendali mutu data yang valid dianalisis sebesar 1192 sampel. Margin of erorr +/- 2,84 persen tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×