kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Ke-8 Mudik, Ada Kenaikan Pengguna Commuter Line Bansoetta & Commuter Line Merak


Minggu, 07 April 2024 / 19:26 WIB
Hari Ke-8 Mudik, Ada Kenaikan Pengguna Commuter Line Bansoetta & Commuter Line Merak
ILUSTRASI. Ada kenaikan cukup signifikan pada pengguna Commuter Line Bansoetta dan Merak.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada kenaikan cukup signifikan pada pengguna Commuter Line Bansoetta dan Merak. Hingga 6 April 2024 kemarin atau hari ketujuh masa Angkutan Lebaran KAI Commuter telah melayani Pengguna Commuter Line Basoetta sebanyak 54.786 orang. 

"Hari kerja terakhir atau Jumat (5/4) merupakan volume tertinggi hingga saat ini mencapai 11.287 orang. Sedangkan Sabtu 6 April kemarin pengguna menuju Bandara dengan Commuter line di angka 10.747 orang. Angka tersebut naik sebesar 55%-61% dari rata-rata volume sebelum masa libur lebaran tahun ini," kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam siaran pers, Minggu (7/4).

Kata dia, ada masa awal libur lebaran ini dan seiring dengan meningkatnya pemudik yang dengan menggunakan kereta, KAI Commuter mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik dengan menambahkan delapan perjalanan menuju bandara menjadi 64 perjalanan. Penambahan kereta ini berlangsung saat sebelum Lebaran yaitu mulai 5-8 April dan pasca lebaran yaitu tanggal 13-16 April 2024. 

Baca Juga: Periode Lebaran 2024, Ada Penyesuaian Operasional Commuter Line Basoetta & Merak

Jumlah pengguna Commuter Line Merak juga meningkat menjelang Idul Fitri. Pada hari kerja terakhir sebelum libur lebaran, Jumat, (5/4). KAI Commuter mencatat volume Commuter Line Merak sebanyak 11.098 orang. Sedangkan pada Sabtu 6 April kemarin tercatat sebanyak 11.934 orang. Angka tersebut lebih besar 4% jika dibanding rata-rata volume pengguna hari libur pada pekan lalu.

"Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, mulai 3-9 April 2024 KAI Commuter bersama Dirjen Hubungan Darat Kemenhub dan PT ASDP Indonesia Fery (Persero) melakukan penyesuaian operasional layanan Commuter Line Merak untuk mendukung pengaturan lalu-lintas di Kawasan Pelabuhan Merak," ungkap Anne.

Pasalnya,  pada periode tersebut layanan perjalanan Commuter Line Merak perjalannya hanya sampai Stasiun Cilegon. Pengguna Commuter Line Merak yang akan menuju Stasiun Merak atau ke area Pelabuhan Merak bisa menggunakan transportasi lanjutan yang disediakan di Stasiun Cilegon secara gratis.  

Sementara Commuter Line Jabodetabek pada masa awal libur Lebaran ini tidak mengalami peningkatan  volume pengguna. KAI Commuter mencatat volume pengguna pada Sabtu (6/4) sebanyak 723.399 orang. "Namun demikian, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan untuk melayani pengguna Commuter Line Jabodetabek," kata Anne.

Baca Juga: Menhub Resmikan Pembangunan Stasiun Jatake, Ditargetkan Rampung pada 2025

Minggu (7/4) hingga pukul 13.00 WIB, tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 231.802 orang.  Masih terpantau pergerakan pengguna didominasi di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan atau sentra bisnis lainnya serta stasiun di sekitar Kawasan tempat wisata.

Terpantau di Stasiun Tanah Abang, hingga pukul 13.00 WIB pengguna yang turun sebanyak 42.390 orang. Sedangkan Stasiun Bogor mencatat 14.823 orang yang turun di stasiun tersebut. Sementara itu di Stasiun Rangkasbitung sebagai stasiun transit untuk pengguna Commuter Line Merak, tercatat sebanyak 9.558 orang.

KAI Commuter mengingatkan bagi pengguna commuter line yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan. Menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×