kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Ini (5/11) Ada Aksi Bela Palestina, Menteri & Pimpinan DPR Ikut Demo


Minggu, 05 November 2023 / 05:35 WIB
Hari Ini (5/11) Ada Aksi Bela Palestina, Menteri & Pimpinan DPR Ikut Demo


Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Aksi bela Palestina akan berlangsung besar-besaran di Jakarta hari ini, Minggu 5 November 2023. Tak hanya masyarakat umum, sejumlah menteri dan pejabat tinggi akan ikut aksi bela Palestina. Sejumlah ruas jalan pun akan ditutup untuk mencegah kemacetan akibat aksi bela Palestina.

Aksi bela Palestina hari ini akan terpusat di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L. P. Marsudi dalam aksi bela Palestina.

Selain itu, Menteri Koordinator PMK, Muhajir Efendy, Ketua DPR Puan Maharani hingga pimpinan MPR dan DPD juga akan ikut aksi bela Palestina 5/11.

Sebelumnya, kehadiran Menlu belum dikonfirmasi. Namun Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal mengonfirmasi kehadiran Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L. P. Marsudi dalam aksi bela Palestina tersebut. "Benar, Ibu Menlu besok akan hadir langsung dalam aksi damai tersebut," kata Lalu Muhammad Iqbal kepada wartawan, Sabtu (4/11/2023).

Adapun aksi damai itu digelar oleh kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Indonesia bakal menggelar Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Minggu (5/11/2023) pukul 6.00-11.00 WIB.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis mengonfirmasi hal tersebut. "Ya benar. Alhamdulillah sudah ada izin dan sudah koordinasi. Ada dari jemaah yang dari ormas, majelis ta’lim, dan umum," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (3/11/2023).

Cholil mengatakan, Aksi Bela Palestina bertujuan untuk mengupayakan genjatan senjata, penyerangan, dan pembunuhan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. Selain itu, aksi tersebut juga berupaya untuk menciptakan perdamaian antara Palestina dengan Israel.

"Selanjutnya adalah hentikan pencaplokan atau penjajahan dari Israel kepada Palestina. Tapi yang mendesak ya bagaimana mereka (Israel) segera bisa kembali damai, tenang, tidak diserang, dan tidak dibunuh oleh Israel," lanjut Cholil.

Pengamanan dan pengalihan lalu lintas

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro memperkirakan, sekitar 3.000 orang akan memenuhi kawasan tersebut. "Masih kami dalami (jumlah pendemo), kalau kemarin itu sekitar 2.000-3.000 pada (demo) minggu lalu. Mungkin kurang lebih hampir sama," ujar Susatyo di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (4/11/2023).

Dia menyampaikan, pengamanan akan dilakukan selama aksi bela Palestina berlangsung. Namun, Susatyo tak memerinci jumlah personel kepolisian yang dikerahkan ke lokasi. "Kami masih berkoordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya, termasuk juga dengan pengalihan arus. Kami akan situasional besok seperti apa kegiatannya," ucap Susatyo.

Ia kemudian meminta agar setiap penanggung jawab demonstran bisa menjamin ketertiban, dan mengantisipasi adanya penyusup. Baca juga: Aksi Kriminal Tukang Cat di Rumah Artis Nova Eliza, Diberi Pekerjaan Malah Mencuri Motor "Tentunya kami semua (melakukan) langkah-langkah pengamanan, baik itu secara preemtifnya, secara preventif. Semua kami siapkan," jelas dia.

Untuk pengalihan lalu lintas, polisi akan menutup arus lalu lintas dari jalan Harmoni ke arah Monas.

Arus lalu lintas di Jalan Budi Kemuliaan arah Gambir dialihkan ke Jalan Merdeka Barat, Majapahit, dan Harmoni.

Arus lalu lintas di Jalan Merdeka Selatan dari kedua arah Timur dan Barat juga dialihkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Besok Ribuan Orang Aksi Bela Palestina di Monas, Polisi Siapkan Pengamanan", dan "Kemenlu Konfirmasi Menlu Retno Bakal Hadiri Aksi Bela Palestina di Monas Besok",


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×