kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Harapan pelaku usaha untuk pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan


Senin, 21 Desember 2020 / 17:19 WIB
Harapan pelaku usaha untuk pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan
ILUSTRASI. Kantor Kementerian kelautan dan perikanan (KKP) di Jakrta pusat (26/1/2015).  KONTAN/ Achmad Fauzie

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Angin kocok ulang atau reshuffle kabinet semakin berhembus kencang. Salah satu yang memicu adalah kosongnya dua posisi menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Antara lain adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara yang mengundurkan diri usai ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pelaku usaha di sektor perikanan pun menanggapi rencana dipilihnya menteri baru untuk menggantikan posisi Edhy. Pelaku usaha tak mementingkan asal usul pejabat nantinya, namun Menteri KP harus menjaga hubungan dengan pemangku kepentingan.

"Kuncinya bina hubungan dengan stakeholders terkait dan nelayan," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (21/12).

Yugi bilang akan mendukung pilihan Presiden Joko Widodo untuk mengisi jabatan tersebut. Pasalnya visi Jokowi sendiri pun sama yang menginginkan hubungan baik antara pemerintah dengan pelaku usaha.

Baca Juga: Soal reshuffle kabinet, Hipmi berharap Jokowi pilih menteri yang pro pertumbuhan

Di sektor kebijakan, Yugi mengungkapkan kebijakan yang ada sebelumnya sudah bagus. Sebagai informasi kebijakan Edhy saat menjabat Menteri KP banyak merombak kebijakan Susi Pudjiastuti sebelumnya.

Beberapa di antaranya adalah kebijakan ekspor benih lobster dan penggunaan cantrang. Yugi menyebut kebijakan saat ini hanya bperlu diimplementasikan dengan baik.

"Sekarang program-program sudah baik yang dirintis KKP, cuma mungkin implementasinya ke depan supaya lebih baik," terang Yugi.

Mengenai calon kuat yang akan mengisi posisi tersebut, Yugi tak banyak berkomentar. Hanya saja ia merasa mantan Menteri KP sebelumnya tidak akan kembali menjabat menggantikan Edhy.

Selanjutnya: Jika ada reshuffle, pengusaha berharap kabinet diisi para profesional

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×