kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hanya Oso yang berani tolak jabatan wantimpres, ada apa?


Jumat, 13 Desember 2019 / 19:33 WIB
Hanya Oso yang berani tolak jabatan wantimpres, ada apa?
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (kedua kiri) saat acara berbuka puasa bersama anggota dan pimpinan DPD di Jakarta, Rabu (15/5/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Reporter: Lidya Yuniartha, Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Presiden Joko Widodo baru saja melantik nama-nama Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres, Jumat (13/12)  Ada sembilan orang yang masuk dalam watimpres yakni  Sidarto Danusubroto (politisi PDI-P),  Dato Sri Tahir (bos Mayapada Group ), Putri Kuswisnu Wardani (bos Mustika Ratu), Mardiono (politisi PPP), Wiranto (mantan Menko Polhukam), Agung Laksono (politisi Golkar), Arifin Panigoro (bos Medco Energi), Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur) serta Luthfi bin Yahya (Tokoh NU)

Dari sekian banyak nama, nama Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang sebelumnya juga disebut-sebut masuk dalam tim Watimpres Presiden Jokowi. Hanya saja, saat pelantkan, Oso begitu Oesman Sapta Odang tak nampak di jajaran wantimpres yang dilantik Jokowi. 

Ternyata Osomengakui sejatinya masuk Watimpres.  Hanya, “Saya menolak permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres),” ujar Oso di Kompleks Istana Presiden, Jakarta (13/12).  

Penolakan Oso lantaran ia ingin fokus di Partai Hanura. "Pak Presiden tahu sikap saya. Saya juga sudag sampaikan ke Pak Pratikno," kata Oso lebih lanjut. Apalagi, dalam peraturan pimpinan partai politik tidak bisa menjabat posisi ini. 

Menurut Oso, hati nuraninya pada partai. Jika ingin jadi anggota Wantimpres harus tidak menjabat jabatan pimpinan parpol. Meski begitu, Oso menjamin bersama dengan teman-teman seperjuangan, akan 100 persen mendukung Presiden dalam pemerintahan. Toh, sudah ada politikus Hanura lain yang juga masuk Wantimpres


Tag


TERBARU

Close [X]
×