kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi Dorong Penguatan Kerjasama Kendaraan Listrik


Rabu, 06 Maret 2024 / 12:53 WIB
Hadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi Dorong Penguatan Kerjasama Kendaraan Listrik
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia di Melbourne Convention and Exhibition Center (MCEC), Melbourne, Australia pada Selasa, 5 Maret 2024.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong penguatan kerja sama ekonomi termasuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) antara ASEAN-Australia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia di Convention and Exhibition Center, Melbourne, Australia, Rabu (6/3). 

Jokowi menyoroti pentingnya investasi dan dukungan Australia di ASEAN dalam menghadapi perubahan iklim serta kerja sama dalam bidang ekonomi digital. Menurutnya, dukungan Australia sangat diperlukan khususnya dalam bentuk investasi, kemudahan akses pembiayaan inovatif, serta transfer teknologi. 

"Saya mendorong pelaku bisnis Australia untuk dukung pembangunan EV ecosystem ASEAN seperti perusahaan nikel Australia Nickel Industries yang telah berinvestasi di Morowali, Sulawesi," kata Jokowi dalam keteranganya. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Sampaikan Empat Poin Penting untuk Perkuat Hubungan dengan Australia

Selain itu, Jokowi juga mendorong penguatan kerja sama transformasi digital dan mengapresiasi dimulainya perundingan ASEAN Digital Economy Framework Agreement pada tahun lalu. 

Jokowi pun berharap Australia dapat memberikan dukungan melalui pengembangan kemampuan dan pengetahuan, serta kemitraan publik dan privat yang kuat di kawasan ASEAN termasuk Indonesia. 

Dalam penutup pidatonya, Jokowi mengingatkan bahwa ASEAN dan Australia berbagi masa depan yang sama dan harus menjadi motor penggerak untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang stabil, damai, dan sejahtera. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×