kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,42   2,67   0.30%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadiri KTT APEC, Indonesia Usung Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan


Kamis, 17 November 2022 / 13:22 WIB
Hadiri KTT APEC, Indonesia Usung Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan
ILUSTRASI. Sebuah robot memegang logo KTT APEC 2022 yang baru diluncurkan di sebuah department store di Bangkok, Thailand, Kamis (18/11/2021). REUTERS/Athit Perawongmetha


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Bangkok, Thailand, melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis, 17 November 2022.

Perjalanan presiden kali ini hendak menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) tahun 2022.

"Hari ini, saya dengan Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju Bangkok, Thailand. Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT APEC hingga besok Jumat tanggal 18 November 2022," ujarnya dalam keterangan pers di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/11).

Jokowi menyampaikan, fokus utama Indonesia dalam KTT APEC adalah mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Peesiden Jokowi bertolak ke Bangkok dari Bandara Ngurah Rai.

Baca Juga: Menlu: Presiden Jokowi Terima Banyak Permintaan Pertemuan Bilateral di KTT G20

"Prinsipnya, leave no one behind. Transformasi digital, ekonomi hijau, dan hilirisasi menjadi prioritas Indonesia di APEC tahun ini," jelasnya.

Ia melanjutkan, APEC mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia dan 60% Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) dunia. Maka APEC diharapkan harus terus menjadi mesin pertumbuhan ekonomi di Asia Pasifik.

Sebagai informasi, KTT APEC merupakan rangkaian terakhir KTT setelah ASEAN di Kamboja dan G20 di Bali, Indonesia. Presiden akan segera kembali ke Tanah Air setelah KTT APEC selesai pada Jumat, 18 November 2022 malam.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dalam penerbangan menuju Thailand antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×