kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gubernur BI Sebut Ada 5 Tantangan yang Menekan Ekonomi Global Tahun Depan


Kamis, 20 Oktober 2022 / 16:14 WIB
Gubernur BI Sebut Ada 5 Tantangan yang Menekan Ekonomi Global Tahun Depan
ILUSTRASI. Gubernur BI Perry Warjiyo melihat adanya tantangan yang perlu diwaspadai. Terutama, menyangkut perekonomian global pada tahun 2023.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sedikit bernapas lega akibat melandainya kasus Covid-19, ekonomi Indonesia harus menghadapi tekanan baru. Bank Indonesia (BI) melihat adanya tantangan yang perlu diwaspadai. Terutama, menyangkut perekonomian global pada tahun 2023.

“Kondisi ekonomi dan keuangan global pada tahun depan masih penuh tantangan. Setidaknya, ada lima tantangan yang perlu kita waspadai,” terang Gubernu BI Perry Warjiyo, Rabu (19/10) dalam pertemuan secara daring.

Tantangan pertama, potensi perlambatan ekonomi global. Perlambatan ekonoi global ini bisa mendorong perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara maju maupun negara berkembang.

Kedua, tantangan inflasi yang masih tinggi. Risiko kenaikan inflasi masih muncul dari ketegangan geopolik yang berlanjut sehingga mengganggu mata rantai pasok perdagangan global.

Ketiga, kenaikan suku bunga agresif negara-negara maju untuk mengendalikan inflasi.

Baca Juga: Rekor, Rupiah Pasar Spot Tembus Rp 15.572 Per Dolar Setelah Suku Bunga Acuan BI Naik

Perry melihat negara seperti Amerika Serikat (AS) masih akan mengerek suku bunga acuan menjadi 4,75% pada tahun 2023. Belum lagi, negara-negara di Eropa juga berpotensi masih kerek suku bunga acuan.

Sayangnya, Perry tidak bisa menjamin kenaikan suku bunga acuan ini bisa segera menurunkan inflasi di negara maju tersebut. Pasalnya, masalah inflasi bukan hanya dari sisi permintaan, tetapi juga dari sisi suplai.

Keempat, dolar AS yang masih perkasa. Bila dolar AS menguat, maka akan memberi tekanan ekstera terhadap mata uang di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Kelima, persepsi investor. Di tengah situasi yang tidak pasti ini, Perry memandang kecenderungan investor untuk menarik dananya dari negar aberkembang, terutama investasi portofolionya. Ini juga bisa membawa ketidakpastian terhadap pergerakan nilai tukar negara berkembang.

Dengan perkembangan tersebut, Perry memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2023 maksimal 2,6% yoy. Ini lebih rendah dari perkiraan pertumbuhan global pada tahun 2022 yang sebesar 3% yoy.

“Bahkan, ada risiko pertumbuhan ekonomi global 2023 lebih rendha dari itu. Perlambatan terutama terjadi di negara AS, Eropa, juga China,” kata Perry.

Baca Juga: Per 19 Oktober 2022, BI Sudah Beli SBN di Pasar Perdana Rp 138,08 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×