kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gubernur BI: Peringkat BBB outlook stabil bentuk pengakuan Fitch terhadap ekonomi RI


Senin, 10 Agustus 2020 / 19:58 WIB
Gubernur BI: Peringkat BBB outlook stabil bentuk pengakuan Fitch terhadap ekonomi RI
ILUSTRASI. Gubernur BI Perry Warjiyo memaparkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia di Jakarta


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch mempertahankan peringkat utang atau sovereign credit rating Republik Indonesia (RI) pada peringkat BBB atau layak investasi (investment grade) dengan outlook stabil pada hari ini, Selasa (10/8). 

Menurut pandangan lembaga tersebut, beberapa faktor kunci yang mendukung afirmasi peringkat Indonesia adalah prospek pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang baik dan beban utang pemerintah yang relatif rendah. 

Menanggapi keputusan Fitch tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memandang keputusan Fitch merupakan sebuah bentuk pengakuan atas stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah yang tetap terjaga di tengah wabah Covid-19. 

Baca Juga: Fitch pertahankan peringkat BBB, Sri Mulyani: Karena pemerintah tidak ugal-ugalan

"Hal ini juga didukung oleh kredibilitas kebijakan dan sinergi bauran kebijakan yang kuat antara BI dan pemerintah," terang Perry dalam keterangan resminya Senin (10/8). 

Perry menambahkan, Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan baik dari sisi fiskal, moneter, maupun sistem keuangan yang hati-hati dan terukur untuk mengatasi dampak Covid-19 terhadap stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

Bahkan, berbagai indikator juga menunjukkan stabilitas makroekonomi masih terjaga sehingga turut mendukung ketahanan ekonomi nasional. 

Seperti contohnya, inflasi pada Juli 2020 tercatat 1,54% yoy atau bergerak rendah terkendali. Bahkan, inflasi diperkirakan akan tetap rendah. Selain itu, investasi portofolio asing kembali mencatat net inflows

Sejalan dengan itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga nampak menguat 14,4% secara point to point pda kuartal II-2020. Selain itu, cadangan devisa pada akhir Juli 2020 juga meningkat pesat hingga US$ 135,1 miliar. 

Ke depan, Perry bilang BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik. Selain itu, BI juga akan selalu sigap dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

"Selain itu, kami akan memperkuat dan terus bersinergi dengan pemerintah untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional," tandas Perry. 

Baca Juga: Fitch Ratings beri peringkat BBB outlook stabil untuk samurai bond Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×