kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gubernur BI Pede Pilpres Satu Putaran Dorong Ekonomi Indonesia Tumbuh di Atas 5,1%


Selasa, 05 Maret 2024 / 12:30 WIB
Gubernur BI Pede Pilpres Satu Putaran Dorong Ekonomi Indonesia Tumbuh di Atas 5,1%
ILUSTRASI. Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan berada pada rentang 4,7% YoY hingga 5,5% YoY.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) optimistis bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 satu putaran bisa berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Gubernur BI Perry Warjiyo melihat, perekonomian Indonesia pada tahun ini bisa tumbuh di atas 5,1% YoY apabila Pilpres 2024 satu putaran terjadi.

"Dengan satu putaran pemilu kita mengharapkan pertumbuhan ekonomi tahun ini akan mencapai lebih dari 5,1%," ujar Perry dalam acara Mandiri Investment Forum 2024, Selasa (5/3).

Namun secara keseluruhan, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan berada pada rentang 4,7% YoY hingga 5,5% YoY. Sementara pada tahun 2025, pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan tumbuh pada kisaran 4,8% YoY hingga 5,6% YoY.

Baca Juga: Gubernur BI Beri Sinyal Akan Turunkan Suku Bunga di Semester II-2024

Perry menyebut, dorongan pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut berasal dari kinerja ekspor yang terus berlanjut serta konsumsi domestik yang masih menguat, khususnya konsumsi kalangan menengah dan atas. Tidak hanya itu, Indonesia juga akan mendapatkan investasi yang berasal dari konstruksi dan non konstruksi.

"Ingat bahwa Indonesia masih beroperasi di bawah potensi output kita. Indonesia masih terus mengalami kenaikan dan akan terus naik," katanya.

Bank Indonesia memperkirakan, Indonesia akan bisa mencapai tataran puncak pertumbuhan ekonomi pada tahun 2027. "Masih ada ruang untuk terus tumbuh," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×