kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gibran-Kaesang masuk bursa kepala daerah dan restu dari Jokowi


Jumat, 26 Juli 2019 / 09:46 WIB
Gibran-Kaesang masuk bursa kepala daerah dan restu dari Jokowi


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jauh dari dunia politik. Demikian gambaran keseharian putra-putra Presiden Joko Widodo selama ini. 

Sang sulung, Gibran Rakabuming Raka misalnya. Sejak lama, ia memilih bisnis kuliner untuk digeluti melalui jasa katering Chilli Pari dan martabak Markobar. 

Baca Juga: Perjalanan politik Megawati: Dari pengusaha pom bensin hingga Istana Merdeka

Belakangan, Gibran juga mengembangkan sayap usahanya dengan membuka restoran Mangkok Ku di Jakarta Barat. Bisnisnya tersebut merupakan hasil dari kolaborasinya dengan salah seorang juri Master Chef, Chef Arnold. 

Sang bungsu, Kaesang Pangarep setali tiga uang. Meski masih menempuh pendidikan sekolah tinggi di Singapura, Kaesang juga memiliki sejumlah produk yang menjadi bisnisnya. Antara lain kaos Sang Javas, produk pisang nugget Sang Pisang dan Ternak Kopi. 

Kaesang diketahui juga terlibat dalam kolaborasi bisnis Mangkok Ku bersama sang kakak. 

Baca Juga: Megawati bertemu Prabowo, tangis Baiq Nuril pun pecah

Ketika tampil di media sosial atau diwawancarai media massa, Gibran dan Kaesang pun jarang berbicara mengenai politik. Mereka lebih memilih berbicara mengenai seluk beluk dunia bisnis yang digeluti saat ini. 

Masuk Bursa Kepala Daerah 
Meski demikian, siapa sangka nama Gibran dan Kaesang belakangan muncul dalam bursa pemilihan Wali Kota Surakarta untuk periode 2020-2025. Sebagaimana dikutip Antara, nama Gibran dan Kaesang muncul dalam sebuah survei yang dilakukan Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. 

Survei tersebut dilakukan di 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Survei menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. 

Baca Juga: Sekjen parpol pendukung Jokowi akan bertemu untuk membahas tambahan anggota koalisi

Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka tertinggi. "Dari total jumlah responden, 90% mengenal Gibran," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Surakarta, Suwardi. 

Dengan angka yang sama juga muncul nama Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Surakarta saat ini. Sementara nama Kaesang muncul pada urutan ketiga. 

"Di urutan ketiga adalah Kaesang dengan persentase popularitas 86%," ujar Suwardi. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×