kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Fenomena Astronomi Bulan Baru Stroberi Mikro Terjadi Hari Ini (29/6), Catat Jamnya


Rabu, 29 Juni 2022 / 04:50 WIB
Fenomena Astronomi Bulan Baru Stroberi Mikro Terjadi Hari Ini (29/6), Catat Jamnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Fenomena astronomi langka akan terjadi di langit Indonesia pada malam ini, Rabu 29 Juni 2022. Fenomena astronomi pada malam hari ini adalah Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon. Catat jam untuk melihat fenomena astronomi langka Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon pada malam hari ini.

Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon yang akan terjadi malam hari ini Rabu (29/6/2022) adalah fenomena astronomis langka. Keistimewaan fenomena astronomi ini adalah bulan purnama yang bertepatan dengan micromoon.

Fenomena astronomi Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon pada malam ini hanya terjadi setiap 9 tahun sekali.

Fenomena astronomi Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon ini bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, semua orang bisa melihat fenomena astronomi Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon tanpa alat bantu optik apa pun, kecuali jika ingin mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, Bulan Baru Mikro kali ini diapit oleh dua Bulan Purnama Super yang terjadi pada dua bulan berturut-turut. “Fenomena ini terakhir kali terjadi pada 2004 dan 2013, sehingga bisa dikatakan fenomena ini terjadi setiap 9 tahun sekali,” ujar Andi seperti dikutip Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Bisa Dilihat Dengan Mata Biasa Malam Ini (27/6), Ini Jam & Lokasi Hujan Meteor Bootid

Bulan Baru Stroberi Mikro tidak dapat disaksikan sebelum matahari terbit, sebab munculnya lebih lambat dibandingkan matahari dan permukaan bulan yang menghadap bumi tidak terkena cahaya matahari, sehingga tampak gelap.

Jam untuk melihat Bulan Baru Stroberi Mikro

Andi menambahkan, penamaan ini berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika) di mana pada bulan Juni dilakukan panen stroberi. “Sebenarnya penamaannya berasal dari penanda musim dan perilaku hewan yang timbul pada musim-musim tertentu bagi penduduk asli Amerika,” jelas dia.

Peristiwa Bulan Baru Stroberi Mikro akan terjadi pada jam 09.52 WIB/10.52 Wita/11.52 WIT pada jarak 406.569 km.

Dampak fenomena Bulan Baru Stroberi

Sebagaimana halnya fase purnama maupun fase bulan baru pada umumnya, Bulan Baru Stroberi Mikro dapat menimbulkan pasang laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Adapun pasang laut yang terjadi pada 29 Juni 2022 perlu dipertimbangkan karena gaya pasang laut saat Bulan Baru Mikro secara logaritmik adalah 52 persen gaya pasang laut saat Bulan Perbani Super.

“Sehingga perlu mewaspadai pasang laut ini antara 27 Juni hingga 1 Juli 2022 mendatang,” pungkas Andi.

Itulah informasi tentang akan terjadinya fenomena astronomi langka Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon beserta jam terbaik untuk melihatnya. Jangan sampai ketinggalan ya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fenomena Langka Bulan Baru Stroberi Mikro pada 29 Juni, Catat Waktunya",

Penulis : Mela Arnani
Editor : Bestari Kumala Dewi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×