kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir Optimistis AIPF Bisa Bangun Masa Depan ASEAN Lebih Sejahtera


Selasa, 05 September 2023 / 15:31 WIB
Erick Thohir Optimistis AIPF Bisa Bangun Masa Depan ASEAN Lebih Sejahtera
Menteri BUMN Erick Thohir Optimistis AIPF Bisa Bangun Masa Depan ASEAN Lebih Sejahtera


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF): Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific sebagai rangkaian dari KTT ASEAN yang berlangsung pada 5 hingga 6 September.

Berlangsung di Hotel Mulia Jakarta, pembukaan AIPF akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan para pemimpin negara-negara anggota ASEAN. Sejumlah kepala negara/pemerintahan juga akan menjadi keynote speaker di acara ini.

Dalam sambutannya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, agenda ini diselenggarakan untuk membangun masa depan kawasan ASEAN dan Indo Pasifik yang lebih terhubung, lebih sejahtera, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Jokowi: Jangan jadikan ASEAN Sebagai Arena Rivalitas Saling Menghancurkan

Dia  juga mengatakan, pandangan ASEAN terhadap Indo Pasifik menjadi bagian dari upaya Indoensia untuk memperkuat perusahaan regional dan mendorong pembangunan yang lebih berkelanjutan.

“Kami terinspirasi oleh pandangan Asia dan kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk membangun bangsa namun melalui episentrum pertumbuhan dan menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan juga kemakmuran di Indo Pasifik. Semangat inilah yang membuat kita ada di sini hari ini,” tutur Erick dalam Opening ceremony and plenary session on three sub-themes of AIPF, Selasa (5/9).

Dia menekankan forum ini menjadi wadah positif dalam membuka ruang dialog antar kepala negara. Dari sini, diharapkan banyak kolaborasi yang konkret baik BUMN maupun swasta antar negara ASEAN.

Baca Juga: Ada Peluang Kredit ke PLTU Batubara Masuk Kategori Hijau, Selain untuk Pensiun Dini

Selain itu, dalam menghadapi tantangan global yang kompleks, pemerintah Indonesia melalui BUMN juga secara aktif bekerja sama dengan mitra global untuk mengatasi permasalahan di berbagai sektor.

Misalnya dengan membentuk aliansi strategis untuk membangun ekosistem rantai nilai baterai, bekerja sama dan memperluas konektivitas dan permasalahan digital di seluruh wilayah, dan berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur daerah.

Contoh ini mewakili kekuatan transformatif koperasi regional bagi kemajuan kolektif komunitas Asia dan Indo Pasifik.

“Ini adalah harapan tulus kami, diskusi dan keterlibatan dalam forum ini akan menginspirasi kemitraan baru, memperkuat hubungan yang sudah ada dan menghasilkan solusi inovatif terhadap tantangan yang kita hadapi saat ini,” jelasnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Terdapat 3 Subtema yang Dibahas pada ASEAN Indo Pacific Forum

Adapun terdapat tiga subtema yang akan dibahas, yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh, pembayaran berkelanjutan yang inovatif, serta transformasi digital inklusif dan ekonomi kreatif.

AIPF bertujuan menghubungkan sektor swasta dan publik di Kawasan Indo-Pasifik ASEAN untuk kerja sama yang lebih kuat. Forum ini akan menjadi platform bagi negara-negara anggota ASEAN dan mitra eksternal ASEAN. Mereka diharapkan terlibat dalam diskusi konstruktif yang menghasilkan proyek-proyek nyata yang pada akhirnya meningkatkan kolaborasi di kawasan Indo-Pasifik.

Forum ini juga menampilkan pembicaraan para pemimpin, obrolan api unggun, diskusi panel, pameran proyek, dan sesi business matching. Peserta forum adalah para eksekutif dan pemimpin sektor publik dan swasta dari negara anggota ASEAN dan negara mitra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×