kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Duh, angka kematian pasien Covid-19 Indonesia di atas rata-rata dunia sejak Juli 2020


Rabu, 01 September 2021 / 06:55 WIB
Duh, angka kematian pasien Covid-19 Indonesia di atas rata-rata dunia sejak Juli 2020
ILUSTRASI. Angka kematian pasien Covid-19 di Indonesia lebih tinggi dari rata-rata dunia


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia belum berhasil menurunkan angka kematian pasien. Bahkan, angka kematian masih melewati rata-rata dunia. 

Per 29 Agustus 2021, persentase kasus kematian di Tanah Air mencapai 3,24%, sedangkan rata-rata dunia hanya 2,08%. 

"Sayangnya persentase kematian di Indonesia masih konsisten berada di atas persentase kematian dunia sejak Juli 2020," kata Wiku, dalam konferensi pers melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/8). 

Pada minggu ini, terdapat 10 provinsi yang mencatatkan angka kematian pasien tertinggi dan menyumbang 75% dari total kasus secara nasional. 

Sepuluh daerah itu yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Lampung, dan Kalimantan Selatan. 

Wiku menambahkan, sembilan dari 10 provinsi tersebut juga menjadi penyumbang tertinggi kasus aktif dan angka kesembuhan dalam waktu bersamaan. Ini menandakan kualitas pelayanan kesehatan sudah ditingkatkan, namun kematian belum dapat ditekan. 

Baca Juga: Data Corona Indonesia, 31 Agustus: Ada 10.534 kasus baru, total 4.089.801 kasus

Wiku menduga, hal itu terjadi karena lambatnya penanganan pasien Covid-19 atau masih adanya pasien yang melakukan isolasi mandiri dan tak mendapat perawatan di fasilitas isolasi terpusat atau rumah sakit. 

"Selain itu fokus penanganan Covid-19 masih berada di hilir yaitu pelayanan pasien Covid-19, dan belum maksimal pada tingkat hulu yaitu pencegahan dan pengawasan disiplin protokol kesehatan," ujarnya. 

Wiku pun meminta pemerintah daerah meningkatkan penanganan Covid-19, utamanya untuk menekan angka kematian pasien. Lebih lanjut Wiku bilang, turunnya angka kasus aktif Covid-19 dan meningkatnya jumlah pasien yang sembuh, harus diiringi dengan penurunan angka kematian. 

"Meskipun secara nasional kasus aktif dan kesembuhan di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup baik, namun kita tetap harus waspada," pungkas Wiku.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas: Angka Kematian Pasien Covid-19 di Atas Rata-rata Dunia sejak Juli 2020".
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Kristian Erdianto

 

Selanjutnya: Vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Indonesia tembus 30% dari target

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×