kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Wisatawan Mancanegara, Penerbangan Langsung Xiamen, China-Ngurah Rai Dibuka


Minggu, 05 Maret 2023 / 21:04 WIB
Dorong Wisatawan Mancanegara, Penerbangan Langsung Xiamen, China-Ngurah Rai Dibuka
ILUSTRASI. Sebuah pesawat udara terbang melintas di atas jalan raya saat bersiap mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (14/1/2019).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penerbangan langsung (direct flight) dari China melalui Bandar Udara ke Gaoqi Xiamen (XMN)-Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS) dengan frekuesi penerbangan setiap hari.

Hal tersebut dalam rangka meningkatkan industri pariwisata dan perekonomian Indonesia khususnya di Bali.

Penerbangan langsung Xiamen-Denpasar menjadi penerbangan reguler pertama setelah pandemi Covid-19 yang dilakukan pada Jumat (3/3) lalu, menggunakan pesawat Xianmen Airlines Boeing 738-800 dengan kapasitas 169 kursi.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Pariwisata, Traveloka dan Philippine Airlines Perkuat Kerjasama

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dari China ini berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian Bali. Mengingat China merupakan salah satu potensi market bagi pariwisata di Bali.

"Saat ini tercatat sebanyak 1.143 wisman asal China datang ke Bali sejak awal tahun 2023. Dengan adanya penerbangan reguler secara direct tentunya akan sangat mendukung," ujar Kristi dalam keterangan tertulis, Minggu (5/3).

Kristi berharap aksesbilitas penerbangan dari China ke Indonesia semakin mendorong pemulihan sektor penerbangan, terutama rute penerbangan internasional tak hanya di Bali, melainkan juga di kota-kota lainnya.

Selain dari China, pada awal Maret 2023 lalu telah beroperasi penerbangan langsung 1 kali dalam seminggu dari Bandar Udara Narita Tokyo (NRT) menuju Bandar Udara SAM Ratulangi Manado (MDC) pergi pulang, oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Airbus A333 kapasitas 250 kursi.

Baca Juga: Trisula International Incar Peningkatan Penjualan Ekspor, Ini Faktor Pendorongnya

Sebelumnya di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai telah melayani penerbangan charter dari Shenzen (SZX)-Denpasar (DPS) seminggu sekali oleh maspakai Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900.

Kini sudah ada dua kota di China, yaitu Xiamen dan Shenzhen, yang terkoneksi langsung dengan Bali melalui reguler flight dan charter flight.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×