kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disukai Ibunegara, Dipuji Jokowi Saat Resmikan PFA, Ini Profil Rully Nere


Rabu, 31 Agustus 2022 / 09:35 WIB
Disukai Ibunegara, Dipuji Jokowi Saat Resmikan PFA, Ini Profil Rully Nere
Presiden Joko Widodo mencoba lapangan dan bermain sepak bola bersama anak-anak Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022).


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Papua. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/08/2022). Saat peresmian, Presiden Jokowi memuji sejumlah pemain bola asal Papua, salah satunya Rully Nere. Siapa Rully Nere?

Dilansir dari website resmi Setkab, Presiden Jokowi menyampaikan, Tanah Papua telah melahirkan sejumlah talenta berbakat di bidang olahraga sepak bola. Mereka mulai dari Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.

"Kita tahu tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang berbakat. Tadi Pak Dirut (Dirut PT Freeport Tonny Wenas) sudah menyampaikan, Rully Nere, ada yang kenal? Oh Pak Ruly ada? Oh ya, Pak Rully Nere ada," ujar Jokowi sebagaimana dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

"Pak Rully boleh ke sini. Ini Pak Rully ke depan dengan saya biar pada lihat semuanya," lanjut Jokowi mengundang Rully Nere agar naik ke atas panggung.

Baca Juga: Jokowi ke Papua, Akan Resmikan Papua Football Academy

Rully Nere kemudian menuju panggung dan berdiri di samping Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. "Ada juga kita ingat Aples Tecuari, ada juga yang saya ingat Alexander Pulalo, benar? Kalau orangnya ada, naik panggung. Ada juga, yang agak ke sini, Boas Solossa. Ada juga Ellie Aiboy, kalau ke sini lagi ada Ramai Rumakiek dan yang saya seneng sering lihat Ricky Kambuaya," tutur Jokowi menyebutkan satu per satu pemain bola asal Papua.

Presiden Jokowi memuji kehebatan Rully Nere bermain bola. Menurutnya, banyak masyarakat yang mengidolakan Rully Nerre saat masih aktif sebagai pemain sepak bola. "Dulu kalau Pak Rully ini main, enggak laki, enggak perempuan, semuanya nge-fans semuanya. Termasuk Bu Jokowi ini seneng sama Pak Rully Nere," jelas Jokowi.

Siapa Rully Nerre?

Rully Nere adalah pemain bola asal Papua dengan nama lengkap Ruly Rudolf Nere. Rully Nere adalah adalah salah satu pemain sepak bola legendaris Indonesia yang lahir pada lahir 13 Mei 1957.

Rully Nere pernah memperkuat timnas nasional beberapa kali pada periode tahun 1980-an. Tepatnya, Rully Nere membela timnas sejak tahun 1979.

Rully Nere menjadi salah satu pemain andalan timnas Indonesia pada kala itu. Hingga tahun 1989, Rully Nere membela timnas sebanyak 38 kali.

Dalam kompetisi liga, Rully Nere memperkuat Persipura Jayapura. Namun tidak diketahui pasti jumlah gol yang dibuat Rully Nere untuk timnas maupun Persipura.

Mengutip Wikipedia, saat ini Rully Nere adalah pelatih dari Pro Titan Football Club. Rully Nere pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI periode 2003 - 2007.

Sebelumnya Rully Nere pernah melatih PSPS Pekanbaru, Persiba Bantul, PS Palembang, dan PSSI U-20. Rully Nere juga memiliki keturunan yang bermain sepak bola, yakni Mitchell Leandro Nere, yang kini bermain untuk Pro Titan dalam kompetisi Divisi Utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×