kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Digugat Uni Eropa, Kejaksaan Agung siap dampingi pemerintah


Jumat, 13 Desember 2019 / 22:52 WIB
Digugat Uni Eropa, Kejaksaan Agung siap dampingi pemerintah
ILUSTRASI. Kejaksaan Agung sebagai pengacara negara menyatakan siap untuk mendampingi pemerintah apabila digugat di WTO

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kejaksaan Agung sebagai pengacara negara menyatakan siap untuk mendampingi pemerintah apabila digugat ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Sebelumnya, Uni Eropa akan menggugat Indonesia ke WTO terkait larangan ekspor bijih nikel mulai 1 Januari 2020. 

"Kalau ada (gugatannya), kejaksaan akan mendampingi kepentingan pemerintah," ungkap Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Wibisono di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (13/12). 

Baca Juga: Ekspor biodiesel ke Uni Eropa terganjal bea masuk, Aprobi: Kita buka pasar baru

Kendati demikian, Feri mengatakan bahwa gugatan tersebut belum dilayangkan Uni Eropa hingga saat ini. Kejagung mengaku akan mengecek apakah gugatan sudah terdaftar di WTO maupun di United Nation Commision on International Trade Law (Uncitral). 

"Terkait masalah kebijakan nikel kan, itu gugatannya masih belum ada, kami baru mau cek ke WTO sama Uncitral nanti," katanya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyatakan siap menghadapi gugatan atau protes dari negara lain sepanjang untuk kepentingan nasional. 

Baca Juga: Gugatan CPO ke Uni Eropa Siap Melayang

“Untuk kepentingan nasional kita, apa pun yang diprotes negara lain akan kita hadapi. Enggak perlu ragu. Digugat Eropa, ya hadapi, siapkan lawyer terbaik sehingga bisa memenangkan gugatan itu," ucap dia di Karawang, Kamis (12/12). 

"Jangan digugat kita keok karena tak serius, hadirkan lawyer yang terbaik yang kita punya,” kata Jokowi. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kejaksaan Agung Siap Dampingi Jokowi Bila Digugat Uni Eropa"




TERBARU

Close [X]
×