kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di mana Jokowi dan Ma'ruf Amin Akan Berlebaran?


Sabtu, 30 April 2022 / 08:15 WIB
Di mana Jokowi dan Ma'ruf Amin Akan Berlebaran?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di mana Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan berlebaran? 

Menjawab pertanyaan itu, salah seorang sumber Kompas.com dari Istana yang tak mau namanya disebut mengatakan, Jokowi akan berlebaran di Yogyakarta. Dia membisikkan, Presiden akan melakukan mudik Lebaran ke Yogyakarta pada Sabtu (30/4/2022) atau hari ini.

"(Presiden mudik) Sabtu," ujar sumber tersebut pada Kamis (28/4/2022).

Jokowi akan berada di Yogyakarta selama sekitar dua hingga tiga hari. Bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, presiden akan berkumpul dengan anak-anak dan cucu-cucunya di Yogyakarta.

"Sekitar dua-tiga hari (berada di Yogyakarta). Iya betul (kumpul dengan anak dan cucu)," tambah sumber tersebut.

Tak gelar halalbihalal

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya tidak akan menggelar halalbihalal saat berlebaran di Yogyakarta. Presiden pun mengingatkan bahwa pejabat harus mematuhi imbauan pemerintah soal larangan melakukan open house Idul Fitri.

"Enggak ( tidak gelar halalbihalal). Seperti yang sudah saya sampaikan, halalbihalal terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak, pemerintah ajak sebaiknya tidak. Utamanya untuk para pejabat," ujarnya usai meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022) lalu.

Baca Juga: Lebaran 2022, XL Axiata: Layanan Data Meningkat Hingga 30% Dibanding Hari Biasa

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengungkapkan akan menjalankan ibadah shalat Idul Fitri di Yogyakarta.

Adapun kegiatan mudik dalam rangka Idul Fitri ini baru kembali dilakukan Jokowi setelah sebelumnya dua tahun absen pulang ke kampung halaman akibat pandemi Covid-19. Selama dua tahun terakhir, presiden dan keluarga menjalani hari raya Idul Fitri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Wapres akan shalat di Masjid Istiqlal

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin berencana akan merayakan Idul Fitri 1443 H di Jakarta dengan melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal.

"Saya sendiri mungkin saya akan shalat di Jakarta, mungkin di Istiqlal," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Selasa (26/4/2022).

Saat ditanya soal rencana mudik, Ma'ruf menjelaskan bahwa kampung halamannya berada di Banten yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Oleh karena itu, Ma'ruf menyebutkan, ia dapat pulang ke kampung halaman di luar momentum Idul Fitri.

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Wajib Ada Saat Mudik Lebaran 2022

"Mudik buat saya itu satu bulan bisa dua kali karena memang dekat," kata mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama menyatakan hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat 1 Syawal 1443 H sudah bisa terlihat. Sehingga ada kemungkinan hari raya Idul Fitri pemerintah dan Muhammadiyah akan jatuh pada tanggal yang sama, yakni pada Senin, 1 Mei 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini, Jokowi Mudik ke Yogyakarta Akan Berlebaran dengan Anak dan Cucu"
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Bagus Santosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×