kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Di Balik Kisah Sukses Agus Bawa Tas Kanvas Bandung Go International


Selasa, 24 Mei 2022 / 10:00 WIB
Di Balik Kisah Sukses Agus Bawa Tas Kanvas Bandung Go International
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Kemajuan teknologi memberikan peluang bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjual produk lintas provinsi, bahkan negara. Pengalaman Agus Ardian (30), pemilik usaha produksi tas kanvas, Gudang Barang Bandung, membuktikannya.

Awalnya, pada 2017 Agus membuka toko grosir kulit jok motor di dekat rumahnya. Namun, karena banyak pembeli yang berutang, Agus kesulitan memutar modal dan memperbesar usaha.

Setahun kemudian, Agus memutuskan menutup toko grosir dan mulai mengatur strategi untuk berjualan secara online agar usahanya dapat dilihat secara luas dan tetap dapat berproduksi dari kampung kelahirannya. Agus pun mendirikan rumah produksi tas kanvas di Kampung Cibeber Hilir, Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kontan - Shopee Kilas Online

Semula, Agus memproduksi tas kanvas hanya berdua bersama pamannya. Dengan dana Rp5 juta, Agus membeli satu mesin jahit bekas, cat sablon, dan kain kanvas sebagai modal utama produksi. Dia mulai menjual tas kanvas di Shopee dengan desain dan model sesuai tren anak muda.

“Awalnya cuma laku sepuluh tas dalam seminggu bahkan sebulan. Tapi saya enggak menyerah. Justru saya makin cari tahu bagaimana cara jualan online. Saya nonton video tutorial, riset sendiri di internet dan akhirnya paham soal optimalisasi berjualan, salah satunya coba Program Shopee Ekspor,” ujar Agus.

 

Program Pengembangan Usaha

Setelah dua tahun berjualan di e-commerce, Agus punya keinginan untuk bisa ekspor. Agar dapat memahami strategi berjualan ekspor, Agus mengikuti pelatihan gratis di Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung. “Saya dapat informasi, ada pelatihan gratis soal ekspor di Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung. Akhirnya ikut kelas dan dapat banyak informasi yang bisa naikin penjualan ekspor,” jelasnya.

Kontan - Shopee Kilas Online

Dia juga mengatakan, proses ekspor bersama Shopee terbilang mudah. Pengiriman barang yang dilakukan ke luar negeri, sama persis dengan mengirim pesanan di Indonesia. “Di kelas juga dikasih tahu kalau pengirimannya sama saja, enggak ribet. Tinggal ikut program ekspor di aplikasi. Nanti kalau ada pesanan dari luar negeri, kita tinggal siapin pesanannya dan kirim dengan ekspedisi seperti biasa,” ungkap Agus.

Selain itu, Agus memperoleh sejumlah materi dalam kelas Program Shopee Ekspor yang ikut membantu pengembangan usahanya. Di antaranya mengatur tampilan toko, cara memproses pesanan, menggunakan fitur-fitur promosi yang memengaruhi penjualan ekspor, dan membaca evaluasi setiap bulan mengenai penjualan apa yang perlu ditingkatkan.

 

Menembus Pasar Dunia

Bersama Shopee, kini lebih dari 300 ribu produk tas kanvas Gudang Barang Bandung telah terjual ke seluruh Indonesia dan ke beberapa negara Asia seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Produk yang terjual terdiri dari sekitar 80 jenis tas kanvas dengan beragam model dan desain, mulai dari tote bag ukuran standar, tas laptop, pouch kosmetik, hingga tas selempang kecil. Harganya berkisar antara Rp10.000 – Rp59.000.

Saat ini, Gudang Barang Bandung sibuk melayani minimal 200 pesanan setiap hari. Seiring berkembangnya usaha, Agus perlahan bisa menambah jumlah karyawan sampai 15 orang dengan memberdayakan warga Kampung Cibeber Hilir.

Kesuksesan Agus mengekspor produk dan pertumbuhan usahanya pun ikut berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja serta peningkatan taraf ekonomi warga sekitar.

“Minimal, kalau saya buka usaha dan permintaannya banyak, bisa jadi solusi buat sebagian kecil warga sini untuk dapat penghasilan,” harap Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×