kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Depnakertrans Targetkan Transmigrasi 10 ribu KK Per Tahun


Jumat, 22 Januari 2010 / 21:42 WIB


Reporter: Uji Agung Santosa | Editor: Test Test

JAKARTA. Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mentargetkan mampu mengirim minimal 10.000 transmigran tiap tahun. Sebab, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang berkeinginan untuk meningkatkan taraf hidupnya melalui transmigrasi.

Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan target 10.000 transmigran pertahun merupakan solusi yang paling jelek. Ia bilang, masih banyak lahan yang tersedia dan bisa digarap oleh masyarakat melului program yang sangat populer di masa orde baru ini. “Dengan transmigrasi ini setahun minimal 10.000 kepala keluarga bisa diberangkatkan," kata Muhaimin di Jakarta (22/1).

Ia menambahkan, Depnakertrans akan memotivasi keinginan masyarakat baik daerah asal maupun daerah tujuan untuk terus meningkatkan program transmigrasi. Pihaknya juga akan melakukan audit terhadap potensi-potensi yang ada, sehingga transmigran yang berangkat bisa lebih memiliki kepastian peningkatan ekonominya. Melalui audit ini setiap transmigran akan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai potensi ekonomi di lokasi transmigrasi.

Beberapa daerah prioritas yang akan menjadi tujuan transmigrasi adalah Sumatera Selatan, Lampung dan Kalimantan. Untuk memberikan insentif bagi masyarakat, pemerintah memberi jaminan hidup selama 1 tahun plus 2 hektar tanah.

Transmigrasi memang menjadi program unggulan Depnakertrans pada 2010. Dari total alokasi APBN 2010 yang didapat Depnakertrans sebesar Rp 2,86 triliun, sebanyak Rp 1,2 triliun ditujukan untuk pengembangan dan mendukung program transmigrasi.

Dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2010, sebanyak Rp 646 miliar dialokasikan untuk Dirjen Pembinaan Pemukiman dan Penempatan Transmigrasi (P4T) dan sebanyak Rp 584,174 miliar untuk Dirjen Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT).

Muhaimin mengatakan dengan penguatan program trasmigrasi maka diharapkan persoalan pengangguran dan kemiskinan menjadi sedikit banyak terkurangi. “Pembangunan transmigrasi juga merupakan upaya membangun daerah,”katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×