kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daikin Designer Award 2022, Menyatunya Tata Udara Berkualitas dan Estetika Hunian


Sabtu, 29 Oktober 2022 / 17:26 WIB
Daikin Designer Award 2022, Menyatunya Tata Udara Berkualitas dan Estetika Hunian
ILUSTRASI. Kontan - Daikin Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Daikin Designer Award 2022 mengumumkan pemenang kompetisi pada Jumat, 28 Oktober 2022 di Jakarta. Kompetisi tahunan bagi rancangan hunian dengan tata udara berkualitas serta aspek estetika ini memilih sepuluh pemenang dari tiga kategori utama. Seluruh pemenang dipilih dari 300 karya yang masuk sepanjang penyelenggaraan kompetisi yang dimulai 14 Mei lalu.

“Tingginya jumlah peserta dalam kompetisi bidang khusus ini mewakili keberhasilan upaya Daikin dalam mempromosikan pentingnya tata udara berkualitas pada sebuah hunian modern, mendampingi perhatian pada unsur estetikanya,” ujar Ching Khim Huat, Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia.

Daikin Designer Award menjadi agenda tahunan PT. Daikin Airconditioning Indonesia untuk mempromosikan desain tata udara yang mempertimbangkan kualitas udara dalam hunian serta memperhatikan faktor estetika. Hal ini dapat dicapai melalui penggunaan solusi tata udara AC Home Central yang merupakan teknologi tata udara terpusat Daikin.

Kompetisi tahun ini bertemakan Technology for Your Imagination. Selain kategori pada hunian yang telah selesai pembangunannya, Daikin Designer Award 2022 juga membuka kategori desain yang masih berupa rancangan konseptual

“Hal ini sesuai dengan semangat yang dibawa Daikin dalam perhelatan ini. Selain mengapresiasi karya jadi, kompetisi rancangan konseptual menjadi upaya mempromosikan dukungan pada hunian dengan tata udara berkualitas yang tetap mengedepankan estetika,” lanjut Ching Khim Huat.

Pada perhelatan tahun ini, Daikin Designer Award menggandeng Bumi Parama Wisesa dan Magran Living. Selain itu ajang bergengsi ini juga memperoleh dukungan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta.

Cowema Studio terpilih sebagai pemenang utama kategori terapan pada hunian yang telah selesai. Konsultan arsitek dan desainer interior dari Jakarta Barat ini mengusung desain hunian dua lantai bergaya klasik modern yang kental nuansa arsitektural gaya kolonial dan mengedepankan pencahayaan alami.

Perusahaan jasa arsitektur dengan pengalaman delapan tahun ini menerapkan sistem AC Daikin Super Multi NX dengan empat unit outdoor yang terkoneksi lima unit indoor Ceiling Mounted Duct dengan grill dan empat unit indoor wall mounted. Rancangan tersebut menopang keseluruhan tata udara, memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Adapun peringkat kedua dan ketiga diraih Pranala Associaties yang mengedepankan unsur pencahayaan dan Studiork Design dengan rancangan hunian gaya modern minimalis.

Pada kategori kategori konseptual arsitektur, PT Sysu Desain Arsitektura didapuk sebagai pemenang utamanya setelah berhasil menarik perhatian juri dengan karya yang menggabungkan unsur geometri dan keberlanjutan pada desainnya.

PT. Sysu Desain Arsitektura menggunakan rangkaian produk Daikin VRV Home Series untuk menyokong kualitas tata udara dalam hunian rancangannya. Penerapannya antara lain dengan menggunakan Ceilling 3D Moisture Control Intellegent pada kamar. Bentuk AC yang tersembunyi seolah menjadi satu dengan dinding, ditambah kemampuan untuk mengendalikan tingkat kelembaban. Sempurna untuk tata udara yang berkualitas sekaligus memberikan kenyamanan.

Sementara bagi area dapur dan kamar mandi yang membutuhkan perhatian khusus terkait tingkat kelembaban dan air, unit Durability Moisture Control Kitchen Ceiling Mounted Cassette dipilih untuk menjaga kualitas udara di kedua area tersebut tetap optimal.

PT Sysu Desain Arsitektura juga menggunakan unit Daikin Fresh Air yang mampu memberikan kualitas sirkulasi udara yang lebih bersih dan segar. Hal ini menjadi solusi isu polusi serta hawa panas kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, tempat hunian yang diajukan dalam kompetisi.

Sementara itu, AER Design Studio yang berpusat di Surabaya menjadi pemenang kedua di kategori ini.

Pada kategori konseptual bagi desainer interior, Anima Interior menjadi pemenang utamanya dengan konsep desain ruang nyaman dengan pilihan warna netral yang tak lekang waktu. Untuk mendukung kenyamanan sekaligus menjaga keindahan keseluruhan desain ruang, VRV Home series dengan Indoor Ceiling Mounted Duct yang diaplikasikan dengan box trox menjadi pilihan.

Hasilnya, udara sejuk mengisi seluruh ruangan dengan tetap menjaga keindahan desain. Saluran udara yang tampak hanya berupa garis hitam dengan lebar 4 cm yang menyatu dengan elemen desain keseluruhan.

Di sisi lain, peletakan unit Indoor Ceiling Mounted Duct untuk ruang keluarga, ruang makan dan pantry tersamarkan dengan desain plafon bermotif kotak-kotak yang menyembunyikan titik saluran udara.

Lifetime Design berhasil menjadi pemenang kedua dengan membawa nuansa modern klasik pada keseluruhan desain. Rancangan konsultan interior di Jakarta Selatan ini memberi peluang interaksi lebih bagi tiap anggota keluarga untuk beraktivitas dan tumbuh bersama.

Penghargaan khusus Kimberly’s Choice juga diberikan untuk dua kategori konseptual. Sesuai namanya, penghargaan ini diberikan bagi karya yang menjadi pilihan selebritas Indonesia, Kimberly Ryder. Pemeran film Mengejar Surga ini juga merupakan salah satu juri Daikin Designer Award 2022.

Untuk kategori konseptual arsitektur, ConArch Studio menjadi pemenangnya. Sedangkan pada kategori konseptual desainer interior dimenangkan Anima Interior.

Selain hadiah dengan total ratusan juta rupiah, karya para pemenang juga akan dipublikasikan pada berbagai media yang menjadi rekanan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. “Menjadi bagian apresiasi kami sekaligus mempromosikan pada komunitas arsitektur, desainer interior serta masyarakat luas tentang imaji hunian yang memerhatikan tata udara yang nyaman dan terlihat elegan,” pungkas Ching Khim Huat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×