kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Contoh Ucapan Hari Guru Nasional 2022, Simak Sejarah dan Susunan Upacara Kemendikbud


Kamis, 24 November 2022 / 06:05 WIB
Contoh Ucapan Hari Guru Nasional 2022, Simak Sejarah dan Susunan Upacara Kemendikbud
ILUSTRASI. Poster selamat Hari Guru dan kartu ucapan Hari Guru Nasional 2022.


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Hari Guru Nasional akan diperingkat pada besok Jumat, 25 November 2022. Berikut contoh ucapan Hari Guru Nasional 2022 penuh makna dalam bahasa Inggris dan artinya. Cek juga sejarah serta susunan upacara Hari Guru Nasional 2022 menurut himbauan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Contoh ucapan Hari Guru Nasional 2022 penuh makna dalam bahasa Inggris dan artinya ini bisa disampaikan ke para guru. Tidak hanya guru di sekolah, guru-guru informal juga layak mendapatkan ucapan Hari Guru Nasional 2022 penuh makna dalam bahasa Inggris dan artinya tersebut.

Anda juga bisa menggunakan ucapan Hari Guru Nasional 2022 penuh makna dalam bahasa Inggris dan artinya sebagai status di media sosial.

Berikut contoh ucapan Hari Guru Nasional 2022 penuh makna dalam bahasa Inggris dan artinya yang dilansir dari Tribunnews.com:

Baca Juga: Arti Logo Hari Guru 2022 Kemenag Serta Contoh Ucapan, Puisi & Link Download Twibbon

1. Thank you for guiding and teach us in every chapter of life. Happy Teacher’s Day 2022.

Terimakasih telah menjaga dan mengajarkan kami di setiap bagian dari kehidupan ini. Selamat Hari Guru Nasional 2022.

2. Happy teachers' Day 2022! We thank you today and every day!

Selamat Hari Guru Nasional 2022! Kami berterimakasih hari ini, dan setiap hari!

3. I found guidance, friendship, discipline, and love, everything in one person. And that person is you. Happy Teachers' Day 2022!

Saya menemukan sikap mengayomi, persahabatan, kedisiplinan dan cinta, semuanya ada pada satu orang. Dan orang itu adalah dirimu. Selamat Hari Guru Nasional 2022!

4. Words can never pay the knowledge you have given us. Happy teachers' day 2022!

Kata-kata tidak akan pernah bisa membayar ilmu pengetahuan yang Anda berikan kepada kami. Selamat Hari Guru Nasional 2022!

5. You deserve extra marks for being a great human first. Happy Teacher’s Day 2022.

Kau berhak mendapatkan nilai ekstra atau penghargaan karena telah menjadi manusia yang lebih dulu hebat. Selamat Hari Guru Nasional 2022.

6. To my favorite teacher. You have helped me by enlightening me with your wisdom. Transforming me with your intellect and working diligently with perseverance. Happy Teacher's Day 2022.

Kepada guru favoritku. Kau telah membantuku dengan memberikan cahaya kebijaksanaan. Mengubahku dengan intelektual dan bekerja dengan ketekunan. Selamat Hari Guru Nasional 2022.

7. Thank you for your patience, putting up with me, and encouraging me in every way. Happy Teachers Day 2022 greetings to you!

Terimakasih atas kesabaranmu, selalu denganku, dan menjagaku dalam segala hal. Selamat Hari Guru Nasional 2022!

8. I know that my grades are not the best, but it doesn’t mean that you’re not the greatest teacher in the world. You inspire me to do my best and never give up, and I will be forever grateful for that.

Aku tahu jika nilaiku bukanlah yang terbaik, tapi bukan berarti ini tandanya engkau tidak guru yang terbaik. Kau telah menginspirasiku untuk melakukan yang terbaik dan tidak pernah menyerah, dan aku akan bangga akan hal itu untuk selamanya.

9. The best teachers don’t give you the answer, but they spark within you the desire to find the answer yourself. Happy Teacher's Day 2022!

Guru terbaik tidak memberi Anda jawabannya, tetapi mereka membangkitkan keinginan Anda untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru Nasional 2022.

10. You made learning fun! Happy Teacher’s Day 2022.

Anda membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan! Selamat Hari Guru Nasional 2022.

11. You made me realize that homework doesn’t vanish as we grow old, it only becomes tougher and lengthier. Happy teachers’ day 2022!

Anda membuat saya menyadari bahwa pekerjaan rumah tidak hilang seiring bertambahnya usia, itu hanya menjadi lebih sulit dan lebih lama. Selamat Hari Guru Nasional 2022!

12. You have a very special power of inspiring young people like me. We need more teachers like you in our schools and colleges. Happy Teachers' Day to you!

Anda memiliki kekuatan yang sangat istimewa dalam menginspirasi anak muda seperti saya. Kami membutuhkan lebih banyak guru seperti Anda di sekolah dan perguruan tinggi kami. Selamat Hari Guru untukmu!

13. Teaching is the best profession anyone can ever have. I feel really lucky to have you as my teacher. Happy teacher’s day 2022! Wish you have a wonderful time today!

Mengajar adalah profesi terbaik yang bisa dimiliki siapa pun. Saya merasa sangat beruntung memiliki Anda sebagai guru saya. Selamat Hari Guru Nasional 2022! Berharap Anda memiliki waktu yang indah hari ini!

Sejarah Hari Guru Nasional 2022

 

Hari Guru Nasional selalu diperingati setiap tanggal 25 November. Hari Guru Nasional merupakan hari bersejarah dalam perjuangan Indonesia, tapi tidak termasuk hari libur nasional.

 

Hari Guru Nasional ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Hari Guru Nasional bertepatan dengan berdirinya PGRI.

Dilansir dari website resmi PGRI, sebelum organisasi ini berdiri, para guru membentuk organisasi guru pribumi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada masa kolonial Belanda di tahun 1912.

PGHB adalah organisasi yang bersifat unitaristik dengan anggota yang terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. 

Kebanyakan dari guru tersebut bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Sekolah-sekolah tersebut menggunakan bahasa daerah ditambah bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar. 

Perbedaan status, pangkat, hingga latar belakang pendidikan membuat PGHB sulit untuk memperjuangkan nasib anggotanya. 

Selain PGHB, ada berbagai organisasi guru lain yang berkembang seperti Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB). 

Ada juga organisasi guru yang bercorak keagamaan, kebangsaan atau lainnya seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM), dan Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG) yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan agama.

100 Hari setelah Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 23-25 November 1945, diselenggarakan Kongres Guru Indonesia yang pertama. 

Kongres tersebut berlangsung di Surakarta, tepatnya di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta). 

Kongres Guru Indonesia yang pertama tersebut menghasilkan kesepakatan yaitu segala perbedaan antara organisasi guru yang didasarkan perbedaan tamatan di lingkungan pekerjaan, daerah, aliran politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan. 

Sejak Kongres Guru Indonesia 1, semua guru di Indonesia menyatakan bersatu dalam satu wadah yaitu PGRI. 

Susunan upacara Hari Guru Nasional 2022

Dilansir dari website resmi Kemendikbud-Ristek, berikut pedoman upacara Hari Guru Nasional 2022:

1. Ketentuan umum Hari Guru Nasional 2022

Upacara bendera Hari guru Nasional 2022 diselenggarakan di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di tingkat pusat, Kantor Kementerian Agama pusat, instansi dan satuan pendidikan di daerah dan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri.

2. Waktu pelaksanaan Hari Guru Nasional 2022

hari, tanggal : Jumat, 25 November 2022
pukul : 08.00 waktu setempat

3. Tempat upacara Hari Guru Nasional 2022

Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat

4. Pakaian upacara Hari Guru Nasional 2022

a. Undangan:

- Pejabat : Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan;
- Undangan Pria : Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan;
- Undangan Wanita : Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan;
- Guru : Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan;
- Organisasi profesi : Pakaian seragam organisasi;

b. Barisan:

- Pegawai : Pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan;
- Petugas Upacara : Sesuai ketentuan.

5. Susunan acara upacara bendera Hari guru Nasional 2022

Susunan acara upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 adalah sebagai berikut.
- Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
- Pembina upacara tiba di tempat upacara;
- Penghormatan kepada pembina upacara;
- Laporan pemimpin upacara;
- Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;
- Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
- Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
- Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
- Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Pendidikan (jika ada);
- Menyanyikan lagu Hymne Guru;
- Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi);
- Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku;
- Pembacaan do’a;
- Laporan pemimpin upacara;
- Penghormatan kepada pembina upacara;
- Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;
- Upacara selesai, barisan dibubarkan

Itulah contoh ucapan Hari Guru Nasional 2022 penuh makna dalam bahasa Inggris dan artinya serta sejarah dan susunan upacara Hari Guru Nasional 2022. Selamat menyambut Hari Guru Nasional 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×