kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chatib Basri resmi menjabat menkeu baru


Selasa, 21 Mei 2013 / 07:22 WIB
Chatib Basri resmi menjabat menkeu baru
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (6/12/2021).


Reporter: Noverius Laoli, Herlina KD | Editor: Dadan M. Ramdan

JAKARTA. Setelah beberapa pekan menjadi tanda tanya, akhirnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjuk Muhammad Chatib Basri sebagai menteri keuangan (Menkeu) baru menggantikan Agus Martowardojo.

Senin (20/5) melalui akun Twitter @SBYudhoyono berkicau, Presiden akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atawa fit and proper test calon Menkeu. "Siang ini, Presiden memanggil calon Menteri Keuangan untuk fit & proper test di Kantor Presiden," bunyi kicauan itu.

Tak lama berselang Chatib Basri datang ke Istana presiden. Berikutnya SBY mengumumkan Chatib sebagai Menteri Keuangan baru. "Atas pengalaman dan dedikasinya, saya memandang Chatib cakap dan bisa menjadi Menkeu," kata SBY, kemarin.

SBY menyampaikan tiga tugas utama yang harus dijalankan Chatib di sisa pemerintahan yang kurang dari satu setengah tahun ini. Pertama, menjalankan kebijakan fiskal yang hati-hati. Sebab ekonomi global masih bergejolak dan berpotensi makin menekan ekonomi Indonesia.

Kedua, memberikan dukungan kebijakan agar investasi di Indonesia terus meningkat. Sebab, dalam praktiknya ada kebijakan fiskal yang benar-benar mendorong investasi dengan baik, apakah berupa insentif atau kebijakan fiskal lainya. "Tugas mendesak adalah mengawal RABPNP 2013," imbuhnya.

Chatib berjanji akan memberikan insentif kepada perusahan produktif yang mampu  membuka lapangan kerja baru. "Ada insentif, tapi tetap memperhatikan prinsip kehati–hatian fiskal yang harus dijaga," jelasnya.

Rencananya hari ini Chatib akan dilantik sebagai Menteri Keuangan. Sebagai tugas pertamanya, dia akan memulai pembahasan rancangan APBN Perubahan  2013 bersama dengan DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×