kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chairul Tanjung minta KPPU berantas kartel pangan


Jumat, 13 Juni 2014 / 09:59 WIB
Chairul Tanjung minta KPPU berantas kartel pangan
ILUSTRASI. Harga Saham BUKA Stagnan, GOTO Melesat di Perdagangan Bursa Selasa (17/1). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pada perayaan hari jadinya yang ke-14, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengadakan syukuran di Hotel Grand Sahid Jaya, Kamis malam (12/6). Dalam perayaan tersebut, hadir Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Perdangangan Muhammad Lutfi, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Mohammad Saleh dan sejumlah anggota DPR serta pejabat negara lainnya.

Dalam sambutannya, Chairul Tanjung yang akrap disapa CT meminta agar KPPU terus meningkatkan kinerjanya dan semakin agresif memberantas praktik kartel yang terus marak di Indonesia. Secara khusus, CT meminta agar wasit persaingan usaha tersebut serius memberantas kartel pangan yang belakangan ini meresahkan masyarakat. Soalnya, kenaikan harga-harga bahan pokok menjelang lebaran sangat merugikan masyarakat.

Padahal kerap terjadi hal itu dilakukan segelintar orang yang sengaja memainkan harga untuk meraup untuk bagi sekelompok mereka saja. "Jadi kadang kita lihat ada puluhan perusahaan yang mendaftar tetapi kepemilikannya cuman sekitar empat atau segelintir orang saja,' ujar CT mengingatkan.

Saat ini, lanjut CT, pemerintah melalui kementerian Perdangangan dan Kementerian Pertanian tengah berkonsentrasi mengendalikan pergerakan harga bahan pangan pokk menyongsong bulan Ramadhan dan perayaan Indul Fitri.

Ketua KPPU Nawir Messi mengatakan KPPU terus berupaya meningkatkan kinerja pada usianya yang masih 14 tahun tersebut. Beberapa terobosan telah dilakukan KPPU untuk memberantas praktik kartel yang meresahkan masyarakat. Dan ke depan KPPU terus meningkatkan kinerja untuk menjangkau kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×