kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Catat, hujan lebat berpeluang turun sepekan ke depan di daerah-daerah ini


Selasa, 12 November 2019 / 11:07 WIB
Catat, hujan lebat berpeluang turun sepekan ke depan di daerah-daerah ini
ILUSTRASI. Petir menyambar di kawasan kampung nelayan Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (22/2).

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, dalam sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Penyebabnya, R. Mulyono R. Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, mengatakan, intensitas siklon tropis NAKRI di Laut China Selatan yang melemah menyebabkan angin timuran di Selatan ekuator turut mengalami pelemahan.

Ini bisa meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia. Daerah pertemuan dan belokan angin, BMKG mengidentifikasi, terbentuk di wilayah Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Baca Juga: BMKG: Hujan lebat berpotensi mengguyur Jakarta dan 13 provinsi ini

"Kondisi atmosfer yang tidak stabil di sebagian besar wilayah tersebut juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan," kata Mulyono dalam siaran pers, Senin (11/11).

Nah, berikut daerah-daerah yang dalam sepekan, menurut ramalan BMKG, berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebat yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang:




TERBARU

×