kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa calon menteri ekonomi mulai beredar


Senin, 11 Agustus 2014 / 06:34 WIB
Bursa calon menteri ekonomi mulai beredar
ILUSTRASI. Manfaat daun jeruk untuk kesehatan tubuh.


Reporter: Agus Triyono, Barly Haliem, Dikky Setiawan | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Sesudah Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) membentuk tim transisi, pembicaraan calon menteri di pemerintahan 2014-2019 semakin santer terdengar. Sejumlah nama yang selama ini malang melintang di pemerintahan atau korporasi masuk  dalam bursa itu.

Sumber KONTAN dari lingkaran dalam Jokowi-JK menyebutkan, salah satu kandidat menteri keuangan adalah Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Bahkan beberapa kali Jokowi bertemu mantan  menteri keuangan ini secara resmi atau diam-diam membahas seputar ekonomi. 

Selain Agus, nama Thomas Trikasih Lembong juga masuk bursa calon menteri keuangan. Pria yang disapa Tom Lembong ini adalah bekas bankir investasi Morgan Stanley, serta eks Kepala Divisi Asset  Management Investment (AMI) Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Sepak terjangnya juga menggegerkan dunia keuangan Indonesia saat ia bersama Farindo Investments yang terafiliasi dengan Grup Djarum, membeli saham BCA. Kini, Tom Lembong mendirikan dan mengelola Quvat Capital, sebuah private equity fund  yang berbasis di Singapura. 

Di posisi Menko Ekonomi, komandan para menteri  ekonomi, nama pemilik Grup Toba Bara yang juga pensiunan jenderal TNI, Luhut Binsar Panjaitan, masuk bursa kandidat. Nama lain yang beredar Rini Mariani Soemarno, serta Chairul Tanjung yang kini menjabat posisi tersebut. 

Nama lain yang juga masuk bursa calon menteri adalah Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Ignatius Jonan, untuk posisi Menteri Perhubungan. Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda Indonesia, serta Dahlan Iskan, masuk dalam bursa calon pengisi Menteri BUMN.

Dosen ekonomi pembangunan Universitas Indonesia yang juga pendiri Cyrus Surveyors, Andrinof A. Chaniago, konon masuk kandidat  Menteri Pertanian. Tapi, "Wah, kabar yang jauh dari kenyataan," tepis dia, Minggu (10/8).

Anis Baswedan, Deputi Tim Transisi Jokowi-JK menolak berkomentar atas nama-nama calon menteri tersebut. "Yang tahu yang di atas langit, kami tidak ikut personalia langitan," kata Anies, Jumat (8/8).

Jokowi yang menyambangi Rumah Transisi, Jumat (8/8) juga memilih masuk mobilnya. Jokowi enggan berbicara mengenai calon menteri. 
Menurut komentator politik Boni Hargen yang mengaku ikut pertemuan tertutup antara Jokowi dengan relawan, akhir pekan (8/8), Jokowi-JK masih fokus mengurus peralihan pemerintahan. Calon menteri akan digodok pertengahan September.            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×