kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPK: Ada indikasi kongkalikong manajemen Jiwasraya atas pembelian saham


Rabu, 08 Januari 2020 / 17:02 WIB
BPK: Ada indikasi kongkalikong manajemen Jiwasraya atas pembelian saham
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna bersama Jaksa Agung Burhanuddin menyampaikan keterangan tentang hasil pemeriksaan Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Rabu (8/1/2020).


Reporter: Ferrika Sari, Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut  penempatan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya masuk ke saham-saham berkualitas rendah. Efeknya:  Jiwasraya gagal bayar polis pada Oktober 2018.

Dalam laporannya,  BPK menyebut BUMN asuransi (jiwasraya)  telah menempatkan dana investasinya di saham-saham berkualitas rendah. Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan, dalam temuan BPK, ada indikasi 'kongkalikong' antara manajemen Jiwasraya dengan pihak-pihak yang terkait dengan saham-saham yang dijadikan instrumen investasi perusahaan asuransi milik negara.


"Ada pembelian saham yang tidak valid dan objektif. Kemudian jual beli dilakukan dengan pihak-pihak tertentu untuk mendapat harga yang ditentukan. Investasi saham yang tidak likuid. Pihak yang diajak transaksi saham adalah grup yang sama," ujar Agung dalam jumpa pers, Rabu (8/1).
 

Tak menyebut pihak yang terlibat, BPK menyebut, dalam industri pasar modal, perdagangan saham dilakukan lewat dua metode, pun yang dilakukan oleh Jiwaraya.

Pertama adalah transaksi yang dilakuan secara langsung oleh perusahaan. Transaksi pembelian saham umumnya difasilitasi oleh broker perdagangan saham.

Kedua, pembelian saham lewat manager investasi dalam bentuk produk reksadana.  Perusahaan membeli unit reksadana yang dijual oleh manager investasi (MI). Artinya, isi portofolio semisal berisi saham yang dikemas oleh MI.

Agung member contoh, sejumlah saham berkualitas rendah antara lain: saham PT Bank Jabar Banten Tbk (BJBR), saham PT Semen Batu Raja Tbk (SMBR), PT PP Properti Tbk (PPRO). Saham-saham ini, kata BPK, berkualitas rendah lantaran tidak likuid sehingga sulit diperdagangkan. Celakanya,  harga sahamnya mengalami penurunan sehingga memberi kerugian bagi investor pemegang saham.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×