kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJT: Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi


Selasa, 30 Januari 2024 / 09:19 WIB
BPJT: Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura Segera Beroperasi
ILUSTRASI. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus menyelesaikan pembangunan jalan tol yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus menyelesaikan pembangunan jalan tol yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas multimoda bagi pelayanan sistem logistik nasional yang lebih efisien guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing. 

Salah satu ruas tol yang telah rampung adalah Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura sepanjang 19 km yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Trans Sumatera menguhubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. 

Ruas Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura sepanjang 19 km dibuka untuk umum tanpa tarif mulai hari ini, 29 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB. Pengoperasian ruas tol ini menyambung Seksi Binjai – Stabat sepanjang 12,3 km yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022 dan Seksi Stabat – Kuala Bingai sepanjang 7,55 km sejak September 2023 lalu. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan. 

Baca Juga: Lelang Jalan Tol Kembali Dibuka Tahun 2024, META dan Astra Infra Bilang Begini

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri Basuki. 

PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyampaikan pengoperasian ruas tol ini menyusul telah dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada 27 Desember 2023 lalu dan dikeluarkannya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura. 

“Sebelumnya seksi tol ini telah diuji coba terlebih dahulu pada Libur Nataru lalu dengan dioperasikan secara fungsional sejak selama lebih dari dua pekan mulai dari tanggal 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024 dan telah dilalui sebanyak lebih dari 100 ribu kendaraan dengan lancar serta nihil kecelakaan,” kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo. 

Menurut Tjahjo, PT Hutama Karya telah siap mengoperasikan jalan tol ini, baik dari sisi fasilitas maupun kesiapan petugas di lapangan. Sebanyak 62 petugas jalan tol disiagakan untuk membantu kelancaran pengguna Jalan Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Padang-Sicincin Rampung pada Juli 2024

“Jika digabung dengan petugas dari Binjai hingga Kuala Bingai totalnya mencapai 162 personel siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, derek, ambulans hingga patroli,” kata Tjahjo. 

Selama masa beroperasi tanpa tarif, BUJT akan terus melakukan  sosialisasi secara masif mengenai aturan berkendara di jalan tol. Tjahjo berpesan kepada pengguna jalan tol untuk tetap melakukan tapping kartu uang elektronik di Pintu Tol Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura, meskipun masih berlaku tanpa tarif. 

Khususnya pengguna jalan tol yang melintas dari arah Kuala Bingai menuju Tanjung Pura atau sebaliknya melalui Seksi Binjai - Stabat dan Stabat – Kuala Bingai karena Tol Binjai - Langsa Seksi Binjai – Stabat sudah beroperasi dengan tarif sejak lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×