kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BPJS Ketenagakerjaan pastikan data kepesertaan terlindungi dan tidak bocor


Senin, 31 Mei 2021 / 21:47 WIB
BPJS Ketenagakerjaan pastikan data kepesertaan terlindungi dan tidak bocor
ILUSTRASI. BPJS Ketenagakerjaan pastikan data kepesertaan terlindungi dan tidak bocor

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menegaskan tidak ada kebocoran data peserta BPJS Ketenagakerjaan. BP Jamsostek pun memastikan data kepesertaan yang dikelola BP Jamsostek sampai saat ini masih aman terlindungi.

Sebelumnya, beredar informasi kebocoran data 279 juta warga Indonesia dijual dalam forum peretas Raid Forums. Dari jumlah tersebut, sebagian diduga kuat berasal dari data BPJS Kesehatan.

Juru bicara Kemkominfo Dedy Permadi menyampaikan dugaan kuat bahwa data itu milik BPJS berasal dari sejumlah data yang dibocorkan, yakni nomor kartu peserta BPJS, kode kantor BPJS, data keluarga, tanggungan jaminan kesehatan, hingga status pembayaran jaminan.

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan Pramudya Iriawan Buntoro mengatakan, pihaknya telah membuat tim untuk melakukan pengecekan dalam memastikan apakah data 279 juta data yang bocor itu berkaitan dengan data BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Penghasilan BP Jamsostek hanya mencapai Rp 63,47 miliar pada 2020

Namun, kata Pramudya tim BP Jamsostek yang ditugaskan tidak menemukan indikasi adanya kebocoran data, dan sampai dengan hari ini tidak menemukan indikasi kebocoran data itu bersumber dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Keamanan dan kerahasiaan data peserta itu menjadi concern bagi kami. BPJS Ketenagakerjaan memiliki kepedulian melindungi data tersebut. Jadi, harapannya informasi yang kami sampaikan ini bisa menenangkan teman-teman terutama peserta, bahwa data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan dengan isu yang terakhir itu, tidak terkait dengan apa yang beredar saat ini," kata Pramudya saat konferensi pers virtual, Senin (31/5).

Pramudya mengatakan, terkait dengan keamanan data peserta, selama ini BPJS Kesehatan bekerja sama dengan pihak eksternal yang memiliki kompetensi pada bidang keamanan data. Oleh sebab itu, BPJS Ketenagakerjaan memastikan data peserta terlindungi dan aman.

Baca Juga: Ini besaran realisasi investasi BPJS Ketenagakerjaan pada 2020

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×