kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNPB meminta 9 wilayah ini mewaspadai bahaya banjir


Senin, 19 Juli 2021 / 10:39 WIB
BNPB meminta 9 wilayah ini mewaspadai bahaya banjir


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga di beberapa wilayah di Indonesia untuk waspada terhadap potensi bahaya banjir pada Senin (19/7). Adapun data tersebut berdasarkan analisis risiko dan analisis data impact based forecast dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Direktorat Peringatan Dini BNPB mengidentifikasi sejumlah wilayah dengan status waspada banjir di wilayah administrasi kabupaten dan kota hingga kecamatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari melalui keterangan tertulis, Minggu (18/7).

Kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Tasikmalaya, Kota Bogor dan Pangandaran di Jawa Barat berstatus waspada banjir. Selanjutnya, Cilacap dan Banyumas di Jawa Tengah serta Donggala di Sulawesi Tengah juga berada pada status yang sama. "Sejumlah wilayah tersebut termasuk daerah dengan catatan historis banjir tertinggi berdasarkan Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI)," ujar dia.

Oleh karena itu, BNPB meminta pemerintah daerah yang telah teridentifikasi untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan. Mulai dari memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan seperti curah hujan, tinggi muka air dan potensi wilayah terdampak.

Baca Juga: Korban banjir Eropa melonjak menjadi 188, Angela Merkel: Ini mengerikan

Kemudian koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya, mengidentifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan. Lalu mengidentifikasi kebutuhan logistik dan peralatan, memastikan alat peringatan dini berfungsi dengan baik, dan memastikan ketersediaan rambu dan jalur evakuasi.

"BNPB juga meminta masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah berpotensi banjir untuk mengambil langkah antisipasi dan kesiapsiagaan. Langkah tersebut dilakukan di tingkat keluarga maupun komunitas," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BNPB Minta 9 Wilayah Ini Waspadai Bahaya Banjir.
Penulis: Sania Mashabi
Editor: Krisiandi

Baca Juga: Pemerintah perpanjang 7 jenis bantuan sosial, ini rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×