kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BMKG: Aktivitas monsun Asia signifikan, waspada angin kencang dan banjir bandang


Kamis, 09 Januari 2020 / 15:04 WIB
BMKG: Aktivitas monsun Asia signifikan, waspada angin kencang dan banjir bandang
ILUSTRASI. Waspadai cuaca buruk. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini. Yakni, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek. 

"Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia masih signifikan, gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia, pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia, berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek," demikian pernyataan resmi Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo.

Baca Juga: BMKG ingatkan waspadai cuaca ekstrem di DIY hingga 12 Januari

Terkait hal itu, BMKG menyampaikan prakiraan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Jabodetabek sebagai berikut:

Tanggal 09-10 Januari 2020

Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan kilat / petir (thunderstorm) dapat terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor. Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam.

Baca Juga: BMKG: Hari ini hujan lebat disertai petir bisa turun di Jabodetabek

Tanggal 11-12 Januari 2020

Secara umum, kondisi hujan di wilayah Jabodetabek relatif berkurang dibandingkan dengan periode tanggal sebelumnya. Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi terutama di wilayah Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang.




TERBARU

[X]
×