kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

BLT UMKM berlanjut ke 2022? Ini kata Kemenkop UKM


Selasa, 21 September 2021 / 13:03 WIB
BLT UMKM berlanjut ke 2022? Ini kata Kemenkop UKM
ILUSTRASI. Pelaku usaha menjalani proses pendataan diri untuk menerima BLT UMKM Presiden di Kantor Cabang BRI Tangerang Selatan, Jumat (23/10). KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM 2021 bakal rampung akhir September. Lantas, bantuan tersebut akan berlanjut ke 2022? 

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mangatakan, pihaknya belum bisa memastikan kelanjutan program BLT UMKM. 

Saat ini, Kemenkop UKM masih menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait anggaran program BLT UMKM 2022. 

“BPUM tahun depan, kami menunggu (keputusan) dari Kemenkeu. Kalau diminta lagi, kami siap, karena masih banyak yang membutuhkan dan berharap menerima bantuan ini,” ujarnya, Senin (20/9). 

Menurut Eddy, kelanjutan program BLT UMKM akan sangat tergantung kepada alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022. 

Baca Juga: Pencairan BLT UMKM tahap 2 paling lambat Desember 2021, klik eform.bri.co.id/bpum

Meski belum ada kepastian soal BLT UMKM 2022, Kemenkop UKM memastikan akan terus melakukan evaluasi penyaluran bantuan tersebut, baik secara internal maupun dengan melibatkan lembaga lainnya. 

“Evaluasi tentu ada dari internal dan BPK dan BPKP," kata Eddy. 

Hingga saat ini, Kemenkop UKM mencatat, telah menyalurkan BLT UMKM kepada 12,7 juta penerima dengan total penyaluran sebesar Rp 15,24 triliun. 

Sementara target UMKM yang menerima bantuan tersebut di tahun ini sebanyak 12,8 juta penerima. 

Eddy mengungkapkan, Jawa Barat jadi provinsi dengan penerima BLT UMKM terbanyak yaitu 2.465.568 penerima dengan total penyaluran sebesar Rp 5,9 triliun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah BLT UMKM Akan Dilanjutkan pada 2022? Ini Jawaban Kemenkop UKM"

Penulis: Elsa Catriana
Editor: Yoga Sukmana

Selanjutnya: Cara cairkan BLT UMKM tahap 2 tanpa antre di eform.bri.co.id/bpum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×