CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.514.000   5.000   0,33%
  • USD/IDR 15.945   -40,00   -0,25%
  • IDX 7.196   149,03   2,11%
  • KOMPAS100 1.099   26,87   2,51%
  • LQ45 869   25,52   3,02%
  • ISSI 220   3,58   1,65%
  • IDX30 445   13,29   3,08%
  • IDXHIDIV20 535   15,93   3,07%
  • IDX80 126   3,28   2,68%
  • IDXV30 128   1,76   1,39%
  • IDXQ30 148   4,07   2,83%

BKN Siapkan Crisis Center dan Satgas demi Kelancaran Proses Seleksi ASN 2024


Kamis, 12 September 2024 / 03:40 WIB
BKN Siapkan Crisis Center dan Satgas demi Kelancaran Proses Seleksi ASN 2024
ILUSTRASI. Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengimbau BKN untuk proaktif dalam memastikan kelancaran rekrutmen CASN tahun 2024. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengimbau Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan seluruh Kantor Regional untuk proaktif dalam memastikan kelancaran rekrutmen Calon ASN (CASN) tahun 2024. 

Menurutnya, pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur yang tepat sasaran, jumlah, dan guna, demi meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh karenanya, rekrutmen ASN dilakukan secara berkualitas agar mendukung kelancaran tugas serta pelayanan kepada masyarakat.

Mengutip Infopublik.id, Anas menekankan pentingnya menyiapkan strategi complaint handling di setiap kantor BKN, baik di pusat, regional, maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT).

“Perlu ada pusat informasi atau crisis center di setiap kantor BKN, baik online maupun offline. Kita juga butuh tenaga tambahan untuk menangani keluhan terkait CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan non-ASN,” jelas Anas dalam pertemuan dengan seluruh Kanreg BKN secara hybrid, Selasa (10/9/2024).

Menurut Anas, Kanreg BKN menjadi ujung tombak dalam kelancaran proses rekrutmen CASN. Crisis Center yang disiapkan diharapkan dapat menampung keluhan masyarakat atau calon pelamar CASN tahun 2024.

BKN diminta menyiapkan standard operating procedure (SOP) sebagai panduan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh para pelamar.

“Kami perlu koordinasi periodik dengan seluruh Kanreg BKN karena akan ada banyak pertanyaan dari calon pelamar CPNS maupun PPPK yang harus dijawab dengan baik untuk memastikan pemahaman yang sama,” tegasnya.

Baca Juga: 10 Instansi Paling Jarang Diminati di CPNS 2024, Malam Ini (10/9) Pendaftaran Tutup

Anas juga menekankan pentingnya komitmen bersama dalam mengawal integritas dan moralitas selama proses rekrutmen CASN 2024. Ia berharap BKN dapat mengoptimalkan complaint handling agar segala keluhan masyarakat dapat tertangani dengan baik.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menyatakan pihaknya akan mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) SSCASN untuk menangani berbagai pertanyaan masyarakat. 

“BKN sudah menyediakan tim yang akan meng-handle dan mendukung kelancaran seleksi CASN,” ujarnya.

Selain itu, BKN juga telah menyiapkan Pusat Bantuan bagi calon pelamar CASN melalui laman helpdesk di https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/. 

Baca Juga: Daftar CPNS Jawa Tengah 2024 Di Sscasn.bkn.go.id, Besok (10/9) Pendaftaran Terakhir

Melalui layanan ini, pelamar dapat mengajukan pertanyaan seputar data diri, pengaduan data ASN, keamanan kata sandi, dan keluhan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×