kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bio Farma pastikan kecukupan stok dan distribusi vaksin Covid-19 terjaga


Rabu, 25 Agustus 2021 / 13:19 WIB
Bio Farma pastikan kecukupan stok dan distribusi vaksin Covid-19 terjaga
ILUSTRASI. Botol vaksin?Covid-19 berlogo Biofarma saat vaksinasi Covid-19 di Tangerang Selatan, Rabu (18/8).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bio Farma menyebut, saat ini Indonesia telah memiliki ketersediaan vaksin Covid-19 sekitar 175 juta dosis vaksin jadi. Jumlah itu hampir setengah dari kebutuhan vaksin Covid-19.

Melalui kerja sama serta komitmen dengan berbagai pihak, pemerintah memastikan ketercukupan stok vaksin berikutnya. Sementara, Bio Farma selain bertugas dalam hal penyediaan, juga menjalankan distribusi vaksin Covid-19.

Sekretaris Perusahaan dan Juru Bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto menyampaikan, Bio Farma telah menyalurkan lebih dari 114 juta dosis vaksin ke 34 provinsi di Indonesia. “Awalnya hanya sampai tingkat provinsi, namun ditingkatkan ke level lebih dalam yaitu kabupaten/kota,” kata Bambang dalam siaran pers, Rabu (25/8).

Terkait distribusi, pada kemasan vaksin Covid-19 terdapat alat untuk membantu penelusuran, sehingga bisa diketahui sampai di mana dan berapa banyak vaksin disalurkan. Fitur tersebut juga mencegah pemalsuan vaksin, karena semua telah terdata dengan baik. Bambang menyebut, setiap vaksin memiliki ketentuan dari BPOM maupun WHO dalam hal penanganannya.

"Kami menggunakan manajemen rantai dingin selama seluruh proses untuk memelihara batas temperatur, agar kualitas vaksin tetap terjaga,” ujar Bambang.

Baca Juga: Bagi yang mampu, pemerintah berencana siapkan vaksinasi mandiri pada 2022

Untuk vaksin Sinovac yang membutuhkan suhu penyimpanan 2-8 derajat Celcius, Indonesia telah memiliki rantai distribusi vaksin yang baik hingga pelosok.

Selain itu, juga terdapat merek vaksin Covid-19 yang mengharuskan perlakuan khusus untuk menjaga kualitas. Seperti Pfizer yang memerlukan suhu penyimpanan minus 70 derajat Celcius.

Maka, kapasitas menjadi tantangan di lapangan, karena jalur distribusi vaksin yang ada harus mengakomodir kebutuhan vaksin rutin sekaligus vaksin Covid-19 yang berjumlah besar.

“Karena itu, kami berkolaborasi dengan banyak pihak termasuk pemerintah daerah, terkait fasilitas penyimpanan dan penyaluran vaksin ini. Harapannya, setiap penjuru Indonesia segera tercukupi kebutuhan vaksinnya,” ujar Bambang.

Bambang menyatakan, dibutuhkan juga waktu untuk menyiapkan vaksin hingga siap digunakan. Dari bentuk bulk (bahan baku) menjadi bentuk jadi, perlu waktu sekitar 1 bulan, meliputi masa karantina, pengolahan, uji mutu, dan sebagainya.

Selain itu, vaksin bentuk jadi pun, harus melalui pengawasan mutu dan menunggu terbitnya lot release dari BPOM.

Untuk meningkatkan ketersediaan vaksin di tanah air, Bio Farma bersama institusi dalam negeri juga tengah melakukan riset pengembangan vaksin produksi anak negeri, yang diharapkan dapat diluncurkan pada tahun depan.

Tercatat jumlah total vaksin yang sudah diterima Indonesia lebih dari 202 juta dosis, terdiri atas vaksin jadi dan bahan baku (bulk). Pemerintah memastikan ketersediaan vaksin dan mendistribusikannya ke daerah-daerah dalam rangka percepatan vaksinasi.

Selain Sinovac, beberapa merek vaksin telah tiba di Indonesia, yakni AstraZeneca, Sinopharm, Moderna dan Pfizer. Pemerintah menegaskan, semua merek vaksin yang ada di Indonesia aman dan efektif melawan Covid-19.

Seluruh vaksin yang digunakan di tanah air juga telah melewati berbagai pengujian keamanan, khasiat, dan mutu. Pengujian ini dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga para ahli lainnya. Karena itu, masyarakat diminta untuk segera melakukan vaksinasi tanpa memilih-milih merek vaksin tertentu.

Selanjutnya: Vaksinolog: Jangan pilih-pilih merek vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×