kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45820,18   7,88   0.97%
  • EMAS1.026.000 -2,84%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

BI optimistis cadangan devisa bulan Mei 2020 akan kembali membesar


Jumat, 29 Mei 2020 / 14:16 WIB
BI optimistis cadangan devisa bulan Mei 2020 akan kembali membesar
ILUSTRASI. Gubernur BI Perry Warjiyo

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sempat menurun tajam pada Maret 2020, posisi cadangan devisa (cadev) pada April 2020 bisa kembali meningkat. Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadev pada akhir bulan lalu sebesar US$ 127,9 miliar.

Gubernur BI Perry Warjiyo pun optimistis cadev pada akhir Mei 2020 akan kembali meningat. Hal ini sejalan dengan stabilitas makroekonomi yang meningkat.

Baca Juga: Hingga kini, BI telah membeli SBN sebanyak Rp 200,25 triliun

"Waktu itu sempat turun karena kita membutuhkan untuk stabilitas nilai tukar rupiah. Tapi Insya Allah akan kembali meningkat dan menunjukkan bahwa keseluruhan langkah kita dalam memulihkan ekonomi sudah maksimal," jelas Perry, Kamis (29/5).

Seperti yang telah diketahui, BI telah berupaya keras menjaga nilai tukar rupiah pada Maret 2020. Hal ini juga didorong oleh adanya kepanikan di pasar keuangan global yang dipicu wabah Covid-19 yang menyebar cepat ke seluruh dunia.

Selain itu, cadev juga diperlukan untuk membayar utang luar negeri (ULN) pemerintah jatuh tempo serta kebutuhan impor.

Sementara pada April 2020, posisi cadev bisa kembali meningkat. Ini disebabkan oleh penerbitan global bond yang dilakukan oleh pemerintah. Dan untuk selanjutnya, BI akan terus berupaya menjaga posisi cadev untuk ketahanan eksternal dan stabilitas makroekonomi.

"Ini juga didorong dengan ikhtiar yang maksimal, doa-doa khusyuk, insya Allah akan diberkahi oleh dan akan membawa kebaikan ekonomi kita, masyarakat, bangsa, serta negara kita," tandas Perry.

Baca Juga: BI: Arus modal asing kembali masuk ke SBN

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×