kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

BI: Ekspektasi Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Meningkat pada Januari 2024


Selasa, 13 Februari 2024 / 12:14 WIB
BI: Ekspektasi Masyarakat Terhadap Kondisi Ekonomi Meningkat pada Januari 2024
ILUSTRASI. BI mencatat, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini pada Januari 2024 sebesar 115,6


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini pada Januari 2024 meningkat. Bank Indonesia (BI) mencatat, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini pada Januari 2024 sebesar 115,6 atau lebih rendah dari 113,6 pada bulan sebelumnya.

Dalam laporan Survei Konsumen BI yang terbit hari ini, Selasa (13/2), meningkatnya IKE pada Januari 2024 terutama didorong oleh peningkatan di 2 komponen pembentuknya.

Diantaranya, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja meningkat 5,7 poin menjadi 118,4, Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat meningkat 1,3 poin menjadi 116,5 pada. Sementara itu, Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (Durable Goods) tetap optimis dengan indeks sebesar 112,1 atau turun tipis 0,9 poin dari bulan sebelumnya.

Secara spasial, sebagian besar kota mencatat peningkatan IKE, terbesar di Kota Medan mencapai 22,9 poin, disusul Surabaya 13,0 poin dan Padang 12,2 poin.

Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat penurunan IKE, terutama di kota Palembang 13,4 poin, disusul Manado 10,2 poin dan Pangkal Pinang 5,2 poin.

Baca Juga: Indeks Keyakinan Konsumen Meningkat Jadi 125 Pada Januari 2024

Lebih rinci, indeks ketersediaan lapangan kerja tercatat meningkat pada seluruh tingkat pendidikan. Berdasarkan kelompok usia, seluruhnya berada di area optimis, dengan peningkatan tertinggi pada kelompok usia 31-40 tahun.

Sementara itu untuk optimisme responden terhadap penghasilan saat ini meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, dengan peningkatan tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp2,1 juta - Rp 3 juta dan kelompok usia 31-40 tahun.

Terakhir, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian barang tahan lama terpantau tetap kuat pada seluruh tingkat pengeluaran dengan peningkatan tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1 juta -Rp 5 juta.

Berdasarkan kelompok usia, peningkatan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama terutama terjadi pada kelompok usia 31-40 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×