CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.513.000   -30.000   -1,94%
  • USD/IDR 15.740   98,00   0,62%
  • IDX 7.244   -140,01   -1,90%
  • KOMPAS100 1.117   -21,26   -1,87%
  • LQ45 887   -14,43   -1,60%
  • ISSI 220   -4,35   -1,94%
  • IDX30 457   -6,42   -1,38%
  • IDXHIDIV20 554   -6,30   -1,12%
  • IDX80 128   -2,00   -1,53%
  • IDXV30 139   -0,11   -0,08%
  • IDXQ30 153   -1,86   -1,20%

BI Catat Nilai Transaksi E-Commerce Tumbuh 12,82%


Senin, 04 April 2022 / 15:07 WIB
BI Catat Nilai Transaksi E-Commerce Tumbuh 12,82%
ILUSTRASI. Warga memilih barang belanjaan melalui situs belanja daring di Jakarta, Minggu (6/2/2022). BI Catat Nilai Transaksi E-Commerce Tumbuh 12,82%.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) menyoroti transaksi ekonomi dan keuangan digital meningkat secara pesat, bila dibandingkan dengan tahun lalu. Termasuk dalam hal ini, nilai transaksi di e-commerce.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP), BI, Filianingsih Hendarta menyebut, peningkatan ini tercatat tak hanya di total nilai transaksi, tetapi juga di total volume. 

Menurut datanya, total nilai transaksi e-commerce pada Februari 2022 tercatat Rp 30,8 triliun atau naik 12,82% year on year (yoy) dari nilai Februari 2021 yang sebesar Rp 27,3 triliun. 

Sedangkan total volume penjualan e-commerce pada Februari 2022 tercatat 222,9 juta transaksi atau naik 27,67% yoy dari volume penjualan e-commerce pada Februari 2021 yang sebesar 174,6 juta transaksi. 

Baca Juga: Genjot Transaksi Nasabah di Bulan Ramadan 2022, Begini Strategi PermataBank

Filianingsih mengatakan, penguatan transaksi digital ini tak lepas dari perluasan pembayaran digital yang kemudian memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi termasuk transaksi dalam hal konsumsi. 

“Mindset masyarakat menjadi berubah, cara transaksi berubah, kemudian konsumsi berubah. Tadinya tidak pernah belanja daring, mengalami belanja daring dan sering, kemudian pola perilaku berubah menjadi belanja secara daring,” ujar Filianingsih, Senin (4/4) dalam taklimat media secara daring. 

Selain itu, minat masyarakat yang bergeser juga didukung dengan kemudahan dan bahkan banyak promo yang ditawarkan oleh baik dari sistem pembayaran digital maupun dari platform e-commerce sendiri. 

Meski begitu, total nilai transaksi dan volume penjualan di e-commerce pada Februari 2022 nampak menurun bila dibandingkan dengan Januari 2022. Total nilai penjualan e-commerce pada Februari 2022 tercatat turun 16,23% mom, sedangkan volume penjualan turun 14,76% mom. 

Baca Juga: Transaksi Cash Management Perbankan Semakin Meningkat Berkat Digitalisasi

Filianingsih menyebut, penurunan ini sejalan dengan pola musiman, yaitu normalisasi konsumsi setelah pada akhir tahun dan awal tahun masyarakat jor-joran untuk belanja mengingat ada momen Natal dan Tahun Baru. 

Namun, ke depan, Filianingsih yakin total transaksi akan makin bertambah, dimulai pada bulan Maret 2022 maupun April 2022 terutama dalam menyambut momen Ramadhan dan Idul Fitri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×