kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok (22/3) Sidang Isbat 1 Ramadhan, Ini Contoh Twibbon & Ucapan Menyambut Ramadhan


Selasa, 21 Maret 2023 / 06:23 WIB
Besok (22/3) Sidang Isbat 1 Ramadhan, Ini Contoh Twibbon & Ucapan Menyambut Ramadhan
ILUSTRASI. Besok (22/3) Sidang Isbat 1 Ramadhan, Ini Contoh Twibbon & Ucapan Menyambut Ramadhan


Reporter: Adi Wikanto, Nur Afitria Cika | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan Sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1444 H pada Rabu 22 Maret 2023. Berikut link download Twibbon dan contoh ucapan menyambut Ramadhan 2023 untuk Anda gunakan.

Anda bisa menggunakan link download Twibbon dan contoh ucapan menyambut Ramadhan 2023 sebagai status di media sosial. Link download Twibbon dan contoh ucapan menyambut Ramadhan 2023 bisa memeriahkan hari yang ditunggu-tunggu umat Islam tersebut.

Link download Twibbon dan contoh ucapan menyambut Ramadhan 2023 juga bisa digunakan untuk dikirim ke saudara, teman dan mitra kerja. Anda bisa menyambung tali silaturahmi dengan mengirimkan Twibbon dan contoh ucapan menyambut Ramadhan 2023.

Jadwal sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadhan 1444 Hijriah pada Rabu, 22 Maret 2023.

"Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadhan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," ungkap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

"Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadhan tahun ini masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring," imbuhnya.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Ramadhan 2023 Pakai Canva, Coba Gunakan Kata Kunci ini

Selain melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, pelaksanaan rangkaian sidang isbat 1 Ramadhan juga mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya.

Adib menjelaskan, rangkaian pelaksanaan sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H akan dibagi dalam tiga tahap. Pertama, seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.  

"Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas," jelasnya.

Rangkaian kedua, Adib melanjutkan, yaitu pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1444 H. "Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum," ujarnya.

Selain data hisab, sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 124 lokasi di seluruh Indonesia.

"Sesi terakhir adalah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya," pungkas Adib.

1 Ramadhan menurut Muhammadiyah

Organisasi keagamaan Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H. Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah atau awal ibadah puasa Ramadhan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Sedangkan 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat 21, April 2023.

Keputusan tersebut dinyatakan sesuai dengan hisab awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Jadid Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Pada Selasa, 21 Maret 2023 ijtimak jelang Ramadhan 1444 H belum akan terjadi namun akan terjadi pada esok harinya, Rabu 22 Maret 2023 pukul 00.25 WIB.

Pada penentuan awal Syawal 1444 H, pada Kamis Legi, 29 Ramadhan 1444 H bertepatan dengan 20 April 2023 M. Ijtimak jelang Syawal 1444 H terjadi pada pukul 11.15.06 WIB. Tanggal 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat Pahing, 21 April 2023 M.

Baca Juga: Kemenkeu: Bansos Jelang Ramadhan Bakal Disalurkan Maret 2023

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah juga menentukan awal 9 Zulhijah 1444 H yang merupakan Hari Arafah dan 10 Zulhijah 1444 H atau Hari Raya Idul Adha. Hari Arafah jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023, sedangkan Hari Raya Kurban atau Idul Adha jatuh pada Rabu, 30 Juni 2023.

Ucapan menyambut Ramadhan

Dilansir dari Tribunnews.com, berikut contoh ucapan menyambut Ramadhan yang bisa Anda gunakan sebagai status maupun dibagikan ke orang lain:

1. Baju yang indah tak ada bolong maupun noda. Semoga di Ramadhan tahun ini ibadah kita indah, tak ada yang bolong, tidak pula ternoda. Mohon Maaf lahir batin. Selamat ber puasa.

2. Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat ber puasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

3. Siang diisi kebaikan, malam belajar Alquran. Ramadhan menjadi penerang hari yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

4. Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

5. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

6. Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

7. Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tak terpenuhi, hati yang kerap berprasangka, dengan penuh keikhlasan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

8. Kemarau rindu hujan, akal rindu ilmu, jiwa rindu iman, dan setiap insan rindu Ramadhan. Selamat datang Ramadhan 1444 H, selamat ber puasa untuk sahabat Muslimku.

9. Gersang bumi tanpa hujan, gersang akal tanpa ilmu, gersang hati tanpa iman, gersang jiwa tanpa amal. Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H/2023 M, mohon maaf lahir dan batin.

10. Pucuk selasih bertunas, menjulang dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Marhaban yaa Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H/2023 M.

11. Bila lisan yang berucap buruk menoreh luka, bila kata yang dusta mengusik hati, dan bila tingkah yang tak menyenangkan membawa duka, mohon maafkan lahir dan bathin. Mari kita kembali kepada-Nya.

Marhaban yaa Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

12. Andai jemari tak sempat berjabat, jika raga tak bisa bersua, bila ada kata membekas luka, semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Ramadhan 1444 H/2023 M.

13. Jika semua harta adalah racun, maka zakat adalah penawarnya.

Jika seluruh umur adalah dosa, maka takwa dan tobat adalah obatnya.

Jika seluruh bulan adalah noda maka Ramadhan adalah pemutihnya.

Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

14. Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, sebelum Ramadhan datang, mohon maafkan lahir dan juga bathin. Marhaban ya Ramadhan.

15. Seiring terbenam mentari di akhir Sya’ban. Berganti menyambut Ramadhan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, untuk diucapkan. Marhaban ya Ramadhan.

16. Setetes embun di pagi hari jatuh di atas bunga melati. Di bulan suci ini, inilah waktunya untuk memperbaiki diri. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

17. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci kembali tiba. Saat tepat menyucikan diri dari segala dosa. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

18. Fajar Ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H, mohon maaf lahir batin. Semoga amal kita diterima di sisi Alllah SWT. Amiin.

19. Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Selamat menyambut ibadah puasa. Mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahiriah dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan.

20. Matahari berdzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan.

Selamat datang Ramadhan 1444 H. Selamat beribadah puasa. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

21. Sebelas bulan berlalu dan kini aku kembali berjumpa denganmu. Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan. Saatnya menyucikan hati dan membersihkan diri.

Semoga kita termasuk orang-orang yang berhasil di bulan puasa ini dan mendapat ridho-Nya. Selamat Ramadhan 1444 H/2023 M, mohon maaf lahir dan batin.

22. Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda.

Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H.

23. Sekapur sirih berulam pinang, siap tersaji sebagai hidangan. Bulan Ramadhan segera datang, khilaf kata dan salah terucap, mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

24. Jika tenggorokan bisa haus akan air, hati juga bisa haus akan hidayah. Semoga Ramadhan kali ini mengobati hati yang dahaga. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

25. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

26. Bila hati saling terpaut, rasa cinta kan terjalin indah. Bila ada salah dan khilaf terjadi, mohon maafnya lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

27. Lidah memang tak bertulang. Tiada kita terasa patah ketika berucap. Jika ada hati yang patah karenanya, mohon maaf untuk segala perkataan yang menyakitkan.

Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H

28. Kerinduan pada bulan suci Ramadan kan segera terobati. Tak lama lagi bulan Ramadan kan tiba. Ampunilah segala dosa hamba dan semoga kami selalu berada dalam limpahan rahmat-Mu.

29. Tiada kebahagiaan tanpa syukur.

Tiada rasa syukur tanpa sabar.

Tiada sabar tanpa maaf.

Marhaban ya Ramadan.

Mohon maaf lahir dan batin.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

30. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadan yang suci. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

31. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berperasangka dan sikap yang pernah menyakitkan.

Maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

32. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan 1444 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

33. Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

34. Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

35. Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga. Saatnya kembali kepada-Nya dan mensyukuri indah kemurahanNya. Saatnya merenenungi diri. Bersama kita leburkan kekhilafan dengan shaum, amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

36. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.

37. Sambut bulan suci penuh berkah dan kegembiraan. Hapuskan dendam, bersihkan hati dan luruskan niat. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

38. Biarlah ibadahmu menjadi rahasiamu, sebagaimana kamu merahasiakan dosamu. Marhaban ya Ramadhan bulan penuh pengampunan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

39. Kalau jerami di dalam lesung, tukar dengan padi berisi.

Meski tidak dapat bertemu langsung, izinkan pesan singkat jadi pengganti.

Petikan kecapi mengiringi lagu, lagu dinyanyikan gadis perawan. Sampailah Ramadhan yang di ambang pintu, salah khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

40. Hati akan gelap tanpa iman. Allah hadir kan satu bulan penuh keberkahan bernama Ramadhan. Semoga Ramadhan menjadi penerang hati dan penguat iman. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H.

Link download menyambut 1 Ramadhan

Selain dengan ucapan menyambut Ramadhan, Anda juga mengirimkan gambar atau Twibbon Ramadhan 1444 H. Twibbon Ramadhan 1444 H juga bisa dipasang sebagai status di media sosial.

Dilansir dari Momsmoney.id, berikut link download Twibbon Ramadhan 1444 H

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Link download Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H 

Cara menggunakan Twibbon Ramadhan 2023 / 1444 H:

1. Klik Lihat Semua dan cari kampanye yang Anda ingin dukung serta bingkai foto yang Anda ingin gunakan. Anda juga bisa mengetik satu atau dua kata kunci di kolom pencarian yang berkaitan dengan kampanye yang Anda ingin dukung.

2. Setelah klik Lihat Semua, Anda juga bisa membuat proses pencarian kampanye lebih mudah dengan menggunakan “Urutkan Berdasarkan”.

3. Pilih kampanye yang Anda ingin dukung.

4. Pilih desain bingkai yang ingin digunakan. 

5. Klik Pilih Foto/Video.

6. Sesuaikan foto/video pada bagian transparan bingkai foto. Anda bisa klik dan geser kursor pada foto ke berbagai arah. Anda juga bisa mencubit layar Anda untuk memperbesar atau memperkecil foto/video Anda. Anda juga bisa memutar foto/video Anda menggunakan panah putar di bagian kiri dan kanan bingkai foto.

7. Setelah puas dengan posisi foto/video Anda, pilih Selanjutnya.

8. Unduh foto kampanye Anda dan pilih selesai.

Itulah link download Twibbon dan contoh ucapan menyambut Ramadhan 2023 / 1444 H. Selamat menyambut Ramadhan 2023.

Itulah penetapan 1 Ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah dan jadwal sidang isbat Kemenag. Selamat menyambut puasa Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×