kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertemu Anies, Kepala BNPB minta berdayakan RT dan RW untuk cegah penyebaran corona


Rabu, 18 Maret 2020 / 14:01 WIB
Bertemu Anies, Kepala BNPB minta berdayakan RT dan RW untuk cegah penyebaran corona
ILUSTRASI. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo.


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan, seluruh jajaran pemerintahan hingga satuan terkecil yakni kelurahan harus diberdayakan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikannya usai bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Kantor BNPB siang ini.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, dirinya menyampaikan pemerintah di tingkat pusat dan daerah tidak boleh kehilangan waktu dan momentum untuk berdebat mengenai teori pencegahan Covid-19. Menurutnya, pemerintah pusat sudah memiliki gagasan yang tegas yang harus dipatuhi oleh seluruh kepala daerah.

Baca Juga: Ingin tahu informasi soal corona di Indonesia? Sila kunjungi situs covid19.go.id

“Sekarang waktunya untuk kita fokus, supaya masyarakat dan waga bangsa kita semuanya paham ancaman apa yang kita hadapi dan bagaimana menghadapi serta menyelesaikannya secara bersama-sama,” ujarnya di Kantor BNPB, Rabu (18/3).

Dirinya meminta tingkat satuan pemerintahan baik RT/RW, kelurahan dan desa yang selama ini belum dilibatkan, ikut berpartisipasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Ia meminta peran satuan pemerintahan terkecil itu untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warganya untuk memahami apa yang dihadapi dan bagaimana langkah-langkah antisipatif yang bisa dilakukan.

“Pesan saya selaku Kepala Gugus Tugas untuk bisa optimalkan semua potensi yang ada mulai tingkat provinsi, kotamadya, kelurahan dan RT/RW. Lurah itu struktur pemerintahan yang terendah di tingkat provinsi yang tentunya kami ingin para lurah menunjukkan kualitas kepemimpinannya untuk bisa menjalankan semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan sejalan dengan Pemda,” lanjutnya.

Ia menegaskan seluruh perangkat pemerintahan harus berada di rel yang sama, yakni kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat. Tidak perlu menghabiskan waktu untuk berdebat serta keluar dari rel yang telah digariskan.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menyebut di Pemprov DKI Jakarta akan meneruskan kampanye terkait dengan langkah-langkah yang harus dikerjakan warga DKI di rumah, perkantoran, tempat ibadah dan ruang publik. Ia menyatakan seluruh jajaran pemerintahan di DKI Jakarta saat ini dalam posisi siap untuk menjaga penyebaran wabah Covid-19.

Baca Juga: Anies bentuk gugus tugas percepatan penanganan virus corona di Jakarta

“Kita bahas banyak terkait untuk bisa memastikan langkah-langkah yang dilakukan di DKI sejalan dengan strategi dan taktik pemerintah pusat dalam menghadapi (Covid-19) ini, yang dipimpin Kepala BNPB. Koordinasi berjalan baik dan insyaAllah kami bisa kendalikan ini semua,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×