kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bersiaplah, BLT karyawan akan langsung ditransfer ke rekening pribadi


Jumat, 07 Agustus 2020 / 18:23 WIB
Bersiaplah, BLT karyawan akan langsung ditransfer ke rekening pribadi
ILUSTRASI. Bantuan Tunai Covid-19: Warga memperlihatkan uang saat pencairan dana bantuan sosial berupa uang tunai di Tangerang Selatan, Jum'at (8/5). Bantuan sosial sebesar Rp600 ribu per Kepala Keluarga didapatkan sebagai bentuk jaring pengaman sosial untuk warga y


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  Pemerintah memastikan bantuan tunai untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan langsung ditransfer ke rekening mereka masing-masing. Syaratnya, karyawan harus terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Bantuan ini akan diberikan langsung ke rekening tenaga kerja yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan, cash, langsung ke rekening," kata Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin, Jumat (7/8/2020).

Baca Juga: Ini alasan BLT Rp 600.000 hanya bagi karyawan terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Bantuan yang diberikan untuk tiap karyawan adalah Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Sehingga, tiap karyawan akan menerima total Rp 2,4 juta.

Budi menyebut, bantuan ini akan disalurkan dalam dua tahap. "Tahap pertama pada kuartal III dan tahap kedua pada kuartal IV," kata dia. Budi menyebut, ada 13,8 juta pekerja formal yang memenuhi syarat dan akan menerima bantuan ini.

Total anggaran yang digelontorkan pemerintah Rp 33,1 Triliun. Budi mengungkapkan, pemerintah kali ini sengaja menyasar pekerja formal yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan karena kelompok ini belum pernah mendapat bantuan selama pandemi.

Baca Juga: Ini cara mudah cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan selama Covid-19

Sementara bagi pekerja yang tak terdaftar BPJS, Budi meyakini bahwa kelompok tersebut sudah menerima bantuan dengan skema berbeda.

Sebab, sebelumnya pemerintah juga sudah menggulirkan berbagai program bantuan seperti Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai, dan sebagainya.

"Hampir semua segmen sudah diberikan, sudah tersentuh oleh program bantuan pemerintah yang lain," kata dia. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Pastikan BLT Karyawan Ditransfer Langsung ke Rekening"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×