kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berniat mundur, Menpan-RB ucapkan terima kasih kepada Jokowi


Selasa, 14 Agustus 2018 / 14:44 WIB
Berniat mundur, Menpan-RB ucapkan terima kasih kepada Jokowi
ILUSTRASI. Asman Abnur, Menpan RB


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berterima kasih karena sudah diberi kepercayaan membantu pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla selama dua tahun terakhir.

Kini, ia akan mundur dari kabinet kerja karena Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengusulkannya sebagai menteri mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

"Jadi ya apa pun namanya, saya istilahnya berterima kasihlah sudah diberi kepercayaan dua tahun ini jadi Menpan," kata Asman kepada Kompas.com, Selasa (14/8).

Asman Abnur ditunjuk sebagai Menpan-RB pada reshuffle kabinet jilid II, Juli 2016 lalu. Ia menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh politisi Hanura Yuddy Chrisnandi. Masuknya Asman setelah PAN yang pada 2014 mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menyatakan bergabung dengan pemerintah.

Asman menjadi satu-satunya perwakilan PAN di kabinet. "Mudah-mudahan apa yang saya buat bermanfaat buat publik, buat masyarakat Indonesia," kata Asman.

Asman mengatakan sudah menyampaikan keinginannya untuk mundur dari kabinet kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sementara itu, Pratikno memastikan Asman akan diganti dalam satu dua hari ke depan.

Menurut dia, reshuffle tersebut bukan didasarkan atas rapor kinerja yang merah. Pergantian Asman lebih didasarkan atas partai asal Asman, yakni PAN, yang memutuskan berada di luar pemerintahan alias oposisi.

"Jadi, keputusan ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian. Sekali lagi, jadi ini soal koalisi," ujar Pratikno saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (14/8) pagi.

"Dari kinerjanya, menteri asal PAN di pemerintahan, dalam hal ini Pak Asman Abnur, Bapak Presiden merasa sangat puas dan bagus," tambah dia. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akan Mundur dari Kabinet, Menpan-RB Berterima Kasih kepada Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×