kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beredar Bocoran Kandidat Menteri Keuangan Era Prabowo, Ini Harapan Pengusaha


Kamis, 29 Februari 2024 / 14:21 WIB
Beredar Bocoran Kandidat Menteri Keuangan Era Prabowo, Ini Harapan Pengusaha
ILUSTRASI. Logo Kadin Indonesia.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berhembus kabar bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak akan lagi menduduki posisi jabatan yang sama di era kepemimpinan Prabowo Subianto.

Untuk diketahui, pasangan capres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat ini masih unggul dalam penghitungan suara berdasarkan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berdasarkan data yang masuk pada 29 Februari Pukul 13.00, dengan 77,82% suara yang masuk, pasangan ini tercatat memperoleh suara 58,83%, alias unggul diantara 2 calon lainnya.

Adapun beberapa nama yang disebut akan menggantikan Sri Mulyani, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

Ketua Komite Tetap Kebijakan Publik KADIN Indonesia Chandra Wahjudi menyambut positif nama-nama tersebut yang muncul sebagai kandidat Menteri Keuangan.

Baca Juga: Tinjau Simulasi Makan Siang Gratis, Menko Airlangga Bantah Terkait Program Prabowo

“Tidak perlu diragukan ke empat nama tersebut adalah sosok profesional yang sangat kredibel dan punya rekam jejak yang sangat baik,” tutur Chandra kepada Kontan, Rabu (29/2).

Adapun Ia juga sepakat bahwa posisi Menteri Keuangan nantinya tidak dijadikan tawar menawar politik.

Ia berharap Menteri Keuangan yang akan datang adalah seorang yang mampu mengelola anggaran negara dengan baik dan menjalankan kebijakan fiskal yang prudent, tapi tetap fokus pada program yang memberikan stimulus pada pertumbuhan ekonomi.

Disamping itu, Menteri Keuangan nantinya juga diharapkan merupakan menjadi sosok yang tanggap terhadap situasi dan kondisi ekonomi global, karena ekonomi Indonesia akan berkaitan dengan  politik ekonomi negara lain.

“Yang juga penting adalah sosok yang tangguh dalam menghadapi tekanan dan dinamika politik.  Sehingga kondisi perekonomian yang sudah baik saat ini bisa tetap terjaga dan berlanjut,” ungkapnya.

Baca Juga: Beredar Empat Nama Mantan Bankir yang Disebut Akan Jadi Menteri Keuangan Prabowo

Lebih lanjut, jika Menteri Keuangan ke depan mampu menjaga pertumbuhan ekonomi, maka kondisi dunia usaha juga akan lebih percaya diri dalam menjalankan atau melakukan ekspansi kegiatan usahanya.

“Sehingga memberikan ruang untuk penciptaan lapangan kerja dan kegiatan ekonomi turunannya,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×