kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

24 Unit Pesawat Tempur F-15EX dari AS, Resmi Masuk Daftar Belanja Menhan Prabowo


Rabu, 23 Agustus 2023 / 12:00 WIB
24 Unit Pesawat Tempur F-15EX dari AS, Resmi Masuk Daftar Belanja Menhan Prabowo
ILUSTRASI. Jet tempur Angkatan udara Korea Selatan F-15K bergerak dalam posisi 'elephant walk' di pangkalan udara yang tak diketahui?di Korea Selatan, Selasa (24/5/2022). Joint Chiefs of Staff/Yonhap via REUTERS


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pertahanan resmi memesan 24 unit pesawat tempur F-15EX  dari Boeing Amerika Serikat.

Kersepakatan penjualan pesawat tempur F-15EX dari Boeing ini dilakukan bersamaan dengan kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto ke Amerika Serikat.

Berdasarkan pernyataan tertulis Boeing Selasa (22/8), perusahaan produsen pesawat ini menyampaikan komitmen mereka untuk menyelesaikan penjualan 24 pesawat F-15EX ke Indonesia. Penjualan ini akan tunduk pada persetujuan dari pemerintah Amerika Serikat.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Marsekal Udara Yusuf Jauhari, Kepala Badan Fasilitas Pertahanan, Kementerian Pertahanan Indonesia, dan Mark Sears, wakil presiden dan manajer program Boeing Fighters. Kesepakatan berlangsung hari ini di fasilitas perusahaan di St. Louis di lini produksi pesawat tempur F-15EX.

Baca Juga: Prabowo Datangi Boeing, Indonesia Siap Borong 24 Unit Jet Tempur F-15EX Asal AS

"Kami dengan bangga mengumumkan komitmen kami untuk pengadaan kemampuan pesawat tempur F-15EX yang penting bagi Indonesia," kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam pernyataan tersebut.

Prabowo menyaksikan langsung penandatanganan MoU tersebut. “Pejuang canggih ini akan melindungi dan mengamankan negara kita dengan kemampuannya yang canggih.” katanya

Pesawat tempur F-15EX adalah versi tercanggih dari pesawat tempur F-15 yang pernah dibuat oleh Boein. Pesawat tempur ini memiliki kemampuan kontrol penerbangan digital fly-by-wire

Selain itu  Pesawat tempur F-15EX memiliki kemampuan sistem peperangan elektronik baru, kokpit digital serba kaca, dan sistem misi serta kemampuan perangkat lunak terbaru. Semua kemampuan ini akan dimanfaatkan dalam pengiriman pesawat tempur yang akan dinamai the new F-15IDN ini.

Baca Juga: Indonesia Tambah Kekuatan Udara dengan Drone UAV Poseidon Siprus yang Dipakai Ukraina

Mark Sears, Boeing Fighters vice president and program manager mengklaim, pihaknya telah menginvestasikan keahlian bertahun-tahun untuk mengembangkan kemampuan pesawat tempur F-15EX. 

Sears mengklaim hingga kini tidak ada pesawat tempur lain yang memiliki kemampuan seperti pesawat tempur F-15 di dunia. Saat ini pesawat tempur F-15 dioperasikan oleh tujuh negara di dunia.

"Platform ini akan menempatkan Indonesia di puncak kemampuan dominasi udara," kata Sears. Ia menyebut Boeing menyatakan siap mendukung upaya ini dan tetap menjadi mitra yang berkomitmen kepada pemerintah AS dalam memajukan tujuan keamanan internasional dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia.

Boeing dan Indonesia telah bekerja dalam kemitraan selama hampir 75 tahun untuk mendukung pengembangan kemampuan kedirgantaraan dan pertahanan di negara ini melalui pelatihan, pengembangan rantai pasokan, dan kolaborasi. 

Saat ini, kehadiran Boeing di Indonesia mencakup penerbangan komersial, pertahanan, luar angkasa, rantai pasokan, kemitraan akademisi, dan upaya pengembangan bakat di seluruh industri lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×