kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belanja Masyarakat dalam Tren Meningkat Hingga Pertengahan Kuartal IV-2023


Minggu, 24 Desember 2023 / 16:17 WIB
Belanja Masyarakat dalam Tren Meningkat Hingga Pertengahan Kuartal IV-2023
ILUSTRASI. Tim Ekonomi Bank Mandiri mengungkapkan, belanja masyarakat dalam tren yang meningkat hingga medio kuartal IV-2023. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Ekonomi Bank Mandiri mengungkapkan, belanja masyarakat dalam tren yang meningkat hingga medio kuartal IV-2023. 

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro menunjukkan, data Indeks Nilai Belanja hingga akhir November 2023 sebesar 178,9, atau dalam meningkat dari data awal Oktober 2023 yang sekitar 168,8. 

Kemudian, Indeks Frekuensi Belanja pada akhir November 2023 sebesar 474,5 atau juga lebih tinggi dari 426,7 pada bulan sebelumnya. 

“Ini menunjukkan kalau konsumsi rumah tangga di kuartal IV-2023 cukup baik, di tengah gejolak global. Menunjukkan, konsumsi Indonesia resilien,” terang Andry dalam Media Gathering, Selasa (19/12). 

Baca Juga: Potensi Perputaran Uang Selama Libur Nataru Mencapai Rp 80,25 triliun

Andry menambahkan, dari komoditas yang dibeli oleh masyarakat, kebanyakan masyarakat berbelanja terkait dengan makanan dan minuman. Ada juga belanja terkait fesyen. 

“Jadi restoran, supermarket, juga fesyen. Ini yang menjadi belanja terbesar masyarakat,” tambah Andry. 

Secara keseluruhan, Andry mengungkapkan konsumsi rumah tangga Indonesia terjaga pada tahun ini. 

Baca Juga: Sambut Nataru, Bank Siapkan Dana Tunai Lebih Besar

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berdaya tahan. 

Dari perhitungannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia di sepanjang tahun ini akan berada di kisaran 5,04% YoY. 

 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×