kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,29   -31,44   -3.39%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini kronologi lengkap terungkapnya dua kasus baru infeksi corona di Indonesia


Jumat, 06 Maret 2020 / 18:06 WIB
Begini kronologi lengkap terungkapnya dua kasus baru infeksi corona di Indonesia
ILUSTRASI. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mengumumkan dua kasus baru infeksi virus corona sehingga total ada empat kasus infeksi corona di Indonesia. Kedua kasus baru tersebut masih berhubungan atau satu klaster dengan kasus 1 dan kasus 2 yang telah diumumkan sebelumnya.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto membeberkan kronologi hingga akhirnya muncul dua kasus baru infeksi virus corona di Indonesia.

Baca Juga: BREAKING NEWS: 2 orang lagi positif terinfeksi corona di Indonesia, total ada 4 kasus

Achmad menuturkan, setelah kasus 1 dan kasus 2 infeksi corona diumumkan, pemerintah melakukan penelusuran  dan mengidentifikasi orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien di kasus 1 dan kasus 2.

Pada awalnya, kata Achmad, data yang diterima ada lebih kurang 80 orang yang berada di tempat saat event (pesta dansa) berlangsung. 

80 orang ini gabungan, terdiri dari tamu dan pegawai dari tempat tersebut, termasuk orang-orang yang berada di di sekitar itu yang mumungkinkan tejadi kontak seperti tukang parkir dan lainnya.

Dinas Kesehatan Jakarta (karena kejadiannya di Jakarta), dibantu Polri dan Badan Intelejen Negara (BIN) kemudian mengidentifikasi 80 orang tersebut.

Dari 80 orang ini ternyata bisa dikecilkan, karena ada yang sama sekali tidak ada di ruangan misal juru parkir, sehingga akhirnya mengerucut menjadi 20 orang.

Dari 20 orang ini kemuduan dilakukan pendalaman lagi sedekat apa kontaknya dengan pasien kasus 1 dan kasu 2. Ternyata dari 20 orang ini oleh Dinas Kesehatan DKI bisa dikerucutkan lagi menjadi 7 orang.

Baca Juga: Dua warga Tanjungpinang diisolasi karena diduga terinfeksi virus corona




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×