kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Begini kesaksian warga yang terjebak banjir di tol JORR Bintaro-Serpong tadi malam


Sabtu, 27 April 2019 / 10:18 WIB
Begini kesaksian warga yang terjebak banjir di tol JORR Bintaro-Serpong tadi malam

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seorang warga bernama Gesit menjadi salah satu pengendara yang terjebak banjir di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Bintaro-Serpong, Jumat (26/4) malam. Gesit menceritakan, dia masuk gerbang Tol BSD arah Bintaro sekitar pukul 22.20 WIB.

Kala itu, arus lalu lintas masih terpantau lancar di ruas tol arah Bintaro. Lalu, kendaraan bermotor menuju Bintaro harus mengurangi kecepatannya di KM 300 akibat adanya banjir.


"Kurang dari lima menit (arus lalu lintas) lancar di tol arah Bintaro. Mobil-mobil merayap hingga melintasi kubangan banjir di KM 300. (Kendaraan bermotor menuju) arah Bintaro melintas pelan dengan ketinggian air sekitar dua per tiga tinggi ban," kata Gesit saat dihubungi Kompas.com.

Gesit mengatakan, kondisi sebaliknya terjadi di ruas tol arah BSD di mana kendaraan bermotor terpantau tersendat akibat banjir. "Kendaraan menuju arah BSD macet total. Ketinggian air lebih dari satu ban (mobil). Satu sampai dua truk bisa melintas, yang lain berhenti total," ujar Gesit.

Menurut dia, saat itu petugas tol memutuskan untuk membuka pembatas jalan di ruas tol arah BSD KM 200. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi kendaraan bermotor yang ingin putar balik menuju arah Bintaro atau Pondok Indah.

"Sebagian kendaraan yang putar arus itu keluar dari pintu tol Pondok Aren yang digratiskan," kata Gesit.

Akibat banyaknya kendaraan yang memutuskan untuk putar balik, arus lalu lintas menuju Bintaro pun menjadi tersendat. Gesit bahkan membutuhkan waktu puluhan menit untuk mencapai Bintaro Jaya Xchange Mall yang berjarak 400 meter dari gerbang tol Pondok Aren.

"(Kendaraan) merayap pelan-pelan hingga butuh waktu puluhan menit untuk sampai di Mall Bintaro Xchange yang jaraknya kira-kira 400 meter dari pintu tol keluar Pondok Aren," kata Gesit.

Seperti diketahui, banjir menggenangi ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Bintaro-Serpong di kedua arahnya. Untuk ruas jalan tol arah Serpong, ketinggian air kurang lebih 80 sentimeter.

Sementara itu, untuk ruas jalan tol arah Jakarta, ketinggian air sekitar 40 sentimeter. Banjir tersebut sempat menyebabkan kendaraan bermotor tidak dapat melintas di ruas jalan tol.

Polisi pun harus memberlakukan pengalihan arus lalu lintas. "Silakan ambil alternatif keluar di Pondok Ranji atau putar balik di depan gerbang tol Pondok Ranji atau keluar di gerbang tol Bintaro Viaduct," kata Panit Patroli Jalan Raya (PJR) Induk Tol BSD, AKP Wahyudianto. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesaksian Warga yang Terjebak Banjir di Tol JORR Bintaro-Serpong",
 




TERBARU

Close [X]
×